logo

Cara Mengatasi Kesulitan Hidup dalam Islam | Konsultasi Muslim

 


Setiap orang hidup di dunia ini pasti akan diuji, baik diuji ketika dia dalam keadaan lapang, maupun diuji dalam keadaan sulit. Allah ingin melihat seberapa besar rasa syukurnya ketika berada dalam keadaan lapang. Begitu juga ketika dia dalam keadaan sulit, Allah ingin melihat bagaimana kesabarannya ketika dia dalam keadaan sulit. Apakah dia tetap sabar ataukah mengeluh dan menyalahkan Allah.


Ada beberapa cara di dalam Islam untuk mengatasi kesulitan hidup :


1. Dengan berdo’a kepada Allah agar dijauhkan dari kesulitan hidup


Do’anya :


Dari Ibnu ‘Abbas rodhiyallahu ‘anhuma berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ عِنْدَ الكَرْبِ: لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ


Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada dalam kesulitan, beliau berdo’a : “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung dan Maha Penyantun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Penguasa Arsy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan langit dan bumi serta Tuhan Arsy yang mulia.” (HR. Bukhari, hadits no. 6346).


لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ


Latin : Lailaha illallahul adzimul halimu la ilaha illallahu rabbul arsyil adzimi la ilaha illallahu rabbussamawati wal rabul ardhi wa rabbul arsyil karimi.


Dari Ibnu ‘Abbas rodhiyallahu ‘anhuma berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو عِنْدَ الكَرْبِ يَقُولُ: لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada dalam kesulitan, beliau berdo’a : Tiada Ilah selain Allah Yang Mahaagung dan Maha Penyantun. Tiada ilah selain Allah, Tuhan langit dan bumi serta Tuhan arsy yang mulia. (HR. Bukhari, hadits no. 6345).


لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ


Lailaha illallahul azhimul halimu la ilaha illallahu rabbussamawati wal ardhi wa rabbul arsyil azhimi.


2. Beribadah kepada Allah


Jika seorang muslim beribadah kepada Allah, apapun bentuk ibadahnya, entah itu shalat, baca Al-Qur’an, ingat Allah di manapun dia berada, dengan cara menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari masalah yang dia hadapi. Apapun kesulitan hidup yang dia hadapi, maka akan diselesaikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Allah befirman :


{وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا} {وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ}


Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3).


3. Minta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat


Allah befirman :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ


Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah : 153).


Minta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat adalah salah satu cara untuk mengatasi kesulitan hidup, dengan begitu, maka Allah akan memudahkan jalan untuk mengatasi kesulitan hidup dan Allah akan memberikan jalan keluar agar keluar dari kesulitan hidup yang dia hadapi.


MasyaAllah, jika seorang muslim dekat kepada Allah dan meminta pertolongan kepada-Nya, maka tidak ada satupun masalah yang dia hadapi melainkan akan diselesaikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.