logo

Azab Umat Nabi Luth Yang Diabadikan Allah dalam Al-Qur’an | Konsultasi Muslim

 


Rekam jejak perbuatan LGBT tidak lepas dari perilaku umatnya Nabi Luth. Di mana kaum sodom melakukan homoseksual secara terang-terangan pada masa Nabi Luth. Informasi mengenai perbuatan kaum sodom itu diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an sebagai pelajaran bagi umat-umat lainnya bahwa Allah akan mengazab para pelaku LGBT.


Allah berfiman :


وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ، إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً مِنْ دُونِ النِّسَاءِ ۚ بَلْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُسْرِفُونَ


Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?" Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas. (QS. Al-A’raf : 80-81).


Perilaku homoseksual atau yang dikenal dengan LGBT pada zaman ini merupakan perbuatan yang dilaknat oleh Allah sehingga siapapun yang melakukan perbuatan ini akan mendapatkan azab yang pedih kelak di dalam neraka.


Allah menceritakan bagaimana kisah tragis kaum sodom yang kemudian Allah azab akibat perbuatan homoseksual yang mereka lakukan.


Allah berfirman :


وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِينَ


Dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu. (QS. Al-A’raf : 84).


فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ


Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi. (QS. Hud : 82).


فَجَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ


Maka Kami jadikan bahagian atas kota itu terbalik ke bawah dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras. (QS. Al-Hijr : 74).


قَالُوا يَا لُوطُ إِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَصِلُوا إِلَيْكَ ۖ فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا امْرَأَتَكَ ۖ إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ ۚ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۚ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ


Para utusan (malaikat) berkata: "Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan-utusan Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut-pengikut kamu di akhir malam dan janganlah ada seorangpun di antara kamu yang tertinggal, kecuali isterimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah di waktu subuh; bukankah subuh itu sudah dekat?". (QS. Hud : 81).


Allah menimpakan azab kepada kaum sodom yang berbuat homoseksual karena mereka melakukan perbuatan yang dibenci Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Allah menyelamatkan Nabi Luth dan orang-orang yang beriman dari azab tersebut dan Allah tidak menyelamatkan istri Nabi Luth karena dia bagian dari mereka, sebab dia selalu memberikan informasi kepada kaum sodom kepada setiap tamu yang datang menemui Nabi Luth.


Allah berfirman :


فَأَنْجَيْنَاهُ وَأَهْلَهُ إِلَّا امْرَأَتَهُ كَانَتْ مِنَ الْغَابِرِينَ


Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan). (QS. Al-A’raf : 83).


Begitulah kesudahan umat Nabi Luth yang Allah azab dengan azab yang pedih dan Allah abadikan di dalam Al-Qur’an untuk dijadikan pelajaran bagi umat-umat setelahnya agar mereka tidak melakukan perbuatan yang dilaknat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala itu, karena pelakunya akan disiksa dengan azab yang pedih.


Allah berfirman :


وَتَرَكْنَا فِيهَا آيَةً لِلَّذِينَ يَخَافُونَ الْعَذَابَ الْأَلِيمَ


Dan Kami tinggalkan pada negeri itu suatu tanda bagi orang-orang yang takut kepada siksa yang pedih. (QS. Adzariyat : 37).


Mudah-mudahan kisah kaum sodom ini bisa memberikan pelajaran bahwa perbuatan homoseksual, lesbian atau yang sekarang diganti nama dengan LGBT adalah perbuatan yang dilaknat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan siapapun yang melakukannya ataupun mendukungnya akan mendapatkan siksa dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.