logo

Hukum Spirit Doll Boneka Arwah dalam Islam | Konsultasi Muslim

 


Boneka arwah kini sedang trend dikoleksi oleh kalangan artis-artis, di mana boneka arwah ini diperlakukan seperti anak sendiri dan bisa membuat pemiliknya menjadi Bahagia.


Bukan hanya itu, boneka arwah juga diyakini bisa membawa keberuntungan bagi mereka. Hal itu karena di dalam boneka itu ditiupkan roh anak kecil melalui ritual tertentu. Ritual ini melibatkan dukun agar bisa meniupkan roh anak kecil ke dalam tubuh si boneka tersebut.


Memang pada hakikatnya, boneka anak kecil termasuk salah satu yang dibolehkan di dalam Islam, dasarnya adalah :


Dari Ummul Mukminin Aisyah rodhiyallahu ‘anha berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


كُنْتُ أَلْعَبُ بِالْبَنَاتِ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَ لِي صَوَاحِبُ يَلْعَبْنَ مَعِي، «فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ يَتَقَمَّعْنَ مِنْهُ، فَيُسَرِّبُهُنَّ إِلَيَّ فَيَلْعَبْنَ مَعِي


Aku dahulu pernah bermain boneka di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam. Aku memiliki beberapa sahabat yang biasa bermain bersamaku. Ketika Rasululah shallallahu ‘alaihi wa salam masuk dalam rumah, mereka pun bersembunyi dari beliau. Lalu beliau menyerahkan mainan padaku satu demi satu lantas mereka pun bermain bersamaku. (HR. Bukhari, hadist no. 6130).


Di dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah disebutkan :


اسْتَثْنَى أَكْثَرُ الْعُلَمَاءِ مِنْ تَحْرِيمِ التَّصْوِيرِ وَصِنَاعَةِ التَّمَاثِيل صِنَاعَةَ لُعَبِ الْبَنَاتِ. وَهُوَ مَذْهَبُ الْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ


Kebanyakan ulama mengecualikan pengharaman gambar dan patung pada boneka anak perempuan. Dan ini pendapat mazhab Maliki, Syafi’i dan Hambali. (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, jilid 12 halaman 112).


Akan tetapi, boneka arwah berbeda dengan boneka mainan pada umumnya, di mana boneka arwah di isi dengan roh jin anak kecil sehingga bisa membantu pemiliknya menjadi Bahagia dan diyakini juga mendatangkan kebahagiaan.


Untuk itu, pandangan Islam terhadap boneka arwah ini ada beberapa hal :


1. Boneka arwah merupakan berhala kontemporer atau berhala modern yang dihiasi dengan berbagai keindahan, padahal benda semacam ini termasuk berhala di dalam Islam karena dipercaya bahwa boneka arwah ini bisa mendatangkan manfaat. Ini merupakan tipu daya dukun di zaman yang canggih ini untuk melariskan dagangannya.


Allah berfirman :


أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ ۚ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَىٰ إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ


Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar. (QS. Az-Zumar : 3).


وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَٰؤُلَاءِ شُفَعَاؤُنَا عِنْدَ اللَّهِ ۚ قُلْ أَتُنَبِّئُونَ اللَّهَ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ ۚ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ


Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah". Katakanlah: "Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?" Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu). (QS. Az-Zumar : 18).


2. Boneka arwah ini ditiupkan roh oleh dukun, jadi ketika pemiliknya percaya bahwa boneka ini bisa membawa keberuntungan ataupun bisa membuatnya bahagia, maka pemiliknya telah menjadi musyrik (menduakan Allah) dengan sesembahan yang lain, maka haram hukumnya.


Allah berfirman :


إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا


Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS. An-Nisa’ : 48).


3. Boneka arwah ini adalah peramal modern, pemiliknya percaya boneka ini bisa mendatangkan manfaat. Padahal yang bisa mendatangkan manfaat dan mudorot hanya Allah saja. Hal ini tentu saja menyalahi syari’at islam.


Allah berfirman :


قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ


Katakanlah: "Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman". (QS. Al-A’raf : 188).


Untuk itu, mengoleksi dan percaya kepada boneka arwah ini termasuk syirik (menduakan Allah) dan pelakunya harus bertobat kepada Allah. Adapun jika dia tidak bertobat kepada Allah sampai mati, maka matinya dalam keadaan su’ul khotimah dan tempatnya adalah neraka sebab Allah tidak mengampuni dosa syirik kecuali dengan tobat kepada-Nya.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.