logo

Hukum Menyadap HP Orang Lain dalam Islam | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Assalamu'alaikum..


Afwan ustadz, izinkn sy bertanya.


Apa hukumnya orang yang menyadap hp org lain, membaca massage dan mendengarkan pembicaraan org lain/menguping?


Dari : Rahmayani Mustadiran


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

 

Menyadap hp orang lain hukumnya haram, karena hal tersebut sama saja mencuri dan mendengarkan rahasia orang lain dengan sengaja. Sedangkan di dalam Al-Qur'an Allah melarang untuk mencari-cari keburukan orang lain, apalagi dengan cara menyadap tanpa sepengetahuan pemilik hp.

 

Allah berfirman :

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

 

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Hujurat : 12).

 

Syekh Abdullah Jibrin rohimahullah berkata di dalam kitab Syarah Al-'Aqidah At-Thohawiyyah :

 

أي: لا تجسسوا على إخوانكم، لا تقولوا: فلان يمكن أنه منافق، لا ندري ما إيمانه، إذاً: نتجسس عليه ونتحسس، ونستمع إلى كلامه بخفيه وسريه! فليس لنا ذلك، فما دام أنا لم نره أظهر سوءاً

 

Artinya : Janganlah memata-matai saudaramu. Jangan mengatakan : Fulan adalah seorang munafik, kami tidak mengetahui imannya. Jadi, kami memata-matai dia dan kami mencari tau, kami mendengarkan perkataan rahasianya yang kami tidak mengatahui itu sebelumnya, selama kami belum melihatnya menunjukkan kejahatan. (Syarah Al-'Aqidah At-Thohawiyyah, jilid 54 halaman 11).

 

Di dalam kitab Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah disebutkan :

 

التَّحَسُّسُ: هُوَ الاِسْتِمَاعُ إِلَى حَدِيثِ الْغَيْرِ، وَهُوَ مَنْهِيٌّ عَنْهُ، لِقَوْل رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَدَابَرُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا

 

Mencari tau perkataan orang lain dilarang berdasarkan hadist Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam : Jangan kalian memata-matai, jangan mencari tau kesalahan orang lain, jangan saling mendengki, jangan saling membenci, jangan memutuskan tali ikatan. Jadilah hamba Allah yang bersaudara. (Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, jilid 5 halaman 292).

 

Oleh karnanya menyadap hp orang lain dan membaca pesannya dilarang di dalam Islam dan haram hukumnya, karena mencuri rahasia orang lain.

 

Hal ini ditegaskan oleh baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam hadist beliau agar tidak memata-matai siapapun.

 

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ، فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الحَدِيثِ، وَلاَ تَحَسَّسُوا، وَلاَ تَجَسَّسُوا، وَلاَ تَحَاسَدُوا، وَلاَ تَدَابَرُوا، وَلاَ تَبَاغَضُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا

 

Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. (HR. Bukhari, hadist no. 6064).

 

Untuk itu, seorang muslim harus menjauhi perbuatan seperti ini, karena dilarang di dalam Islam, dan tindakan memata-matai bahkan menyadap dan membaca pesan bisa merugikan orang lain. Maka dari itu hukumnya haram di dalam Islam.


Semoga bisa dipahami.


Wallahu Ta’ala a’lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.