logo

Apakah Melihat Aurat Wanita Atau Pria Membatalkan Wudhu? | Konsultasi Muslim

 


Pertanyaan :


Assalamu'alaikum ustadz izin bertanya


Apakah batal wudhu kita jika melihat aurat suami ataupun sebaliknya Suami melihat aurat istri ?


Terima kasih


Dari : Ratna Sari


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Perlu diketahui bahwa pembatal wudhu ada 5 macam, dan melihat aurat suami, istri ataupun melihat aurat orang lain tidak termasuk pembatal wudhu dan sejauh yang kami ketahui tidak dimasukkan oleh para ulama ke dalam pembatal wudhu karena tidak ada dalilnya serta tidak ada korelasinya dengan wudhu.

 

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab :

 

الاحداث التى تنقض الوضوء خمسة: الخارج من السبيلين والنوم والغلبة علي العقل بغير النوم ولمس النساء ومس الفرج

 

Ada 5 keadaan seseorang yang bisa membatalkan wudhu : Keluar sesuatu dari salah satu 2 lubang (dari qubul dan dubur), tidur, rasa ngantuk yang kuat (tanpa tidur), menyentuh wanita dan menyentuh kemaluan. (Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab jilid 2 halaman 2).

 

Inilah pembatal wudhu menurut Imam An-Nawawi, dan adapun melihat aurat suami, istri ataupun aurat orang lain tidak termasuk pembatal wudhu dan para ulama juga tidak memasukkannya sebagai pembatal wudhu.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.