logo

Pernah Pelukan Saat Pacaran Kemudian Taubat, Apakah Taubatnya Diterima Allah? | Konsultasi Muslim

 


Pertanyaan :


Assalamualaikum ust, kalo cerita nya seperti ini apakah taubatnya diampuni, pernah pacaran sampe pegangan tangan pelukan gitu,sudah tahu ini dosa hingga 2 tahunan lamanya pacaran kalo ketemu sentuh sentuhan gitu nah karna sudah merasa sangatt berdosa hingga memutuskan untuk menghalalkan/menikah apakah dosa selama pacaran tersebut diampuni atau gimana ya ust karna sekarang sudah menghalalkannya  mohon penjelasannya ust.?. syukron


Dari : Nenty


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Setiap manusia pasti pernah berbuat salah siapapun dia. Akan tetapi jika dia bertaubat kepada Allah, insyaAllah dosa-dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

Allah berfirman :

 

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ. وَأَنِيبُوٓا۟ إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا۟ لَهُۥ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ ٱلْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ

 

Katakanlah : "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). (QS. Az-Zumar : 53-54).

 

Siapapun dia, baik pezina, pencuri, penipu atau siapapun dia, jika dia bertaubat kepada Allah, maka insyaAllah dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

Akan tetapi, ada satu dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah jika dia tidak bertaubat kepada Allah sampai mati. Yaitu dosa syirik. Jika dia tidak bertaubat kepada Allah sampai mati, maka dia kekal di dalam neraka selamanya.

 

Allah berfirman :

 

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا

 

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh dia telah berbuat dosa yang besar. (QS. An-Nisa' : 48).

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.