logo

Perbedaan Hijab dan Jilbab | Konsultasi Muslim

 


Pertanyaan :


Bismillah


Assalamua'laikum warohmatullahi wabarokatuh, saya izin bertanya; Apakah perbedaan hijab dan jilbab, syukron


Dari : Yeni Maria


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

 

Syekh As-Sa'di rohimahullah berkata di dalam kitabnya Tafsir Al-Karim Ar-Rohman :

 

وهن اللاتي يكن فوق الثياب من ملحفة وخمار ورداء ونحوه، أي: يغطين بها، وجوههن وصدورهن


Jilbab adalah yang dipakai di atas pakaian, baik berupa milhafah, khimar, rida’ atau semacamnya, yang dipakai untuk menutupi wajah dan dada mereka. (Tafsir Al-Karim Ar-Rohman, jilid 1 halaman 671). 


Dengan kata lain, jilbab adalah penutup seperti yang dipakai oleh wanita sekarang pada umumnya.

 

Sementara makna hijab menurut ulama adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya.

 

Imam Al-Munawi rohimahullah berkata di dalam kitabnya At-Tauqif 'ala Muhimmati At-Ta'arif :

 

الحجاب: كل ما ستر المطلوب أو منع من الوصول إليه، ومنه قيل للستر حجاب لمنعه المشاهدة، وقيل للبواب حاجب لمنعه من الدخول. وأصله جسم حائل بين جسدين

 

Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain. (At-Tauqif 'ala Muhimmati At-Ta'arif, jilid 1 halaman 136).

 

Artinya, pakaian seperti yang dikenakan wanita muslimah sehari-hari yang menutupi dari atas sampai ke bawah, itulah yang disebut Hijab. Hijab itu yang menutupi sesuatu yang dilarang untuk dilihat.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.