logo

Keutaman Belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya | Konsultasi Muslim

 


Belajar Al-Qur’an merupakan keharusan bagi setiap muslim dan muslimah. Sebab, Al-Qur’an adalah petunjuk hidup dalam kehidupan sehari-hari.


Allah berfirman :


وَلَقَدْ جِئْنَاهُمْ بِكِتَابٍ فَصَّلْنَاهُ عَلَىٰ عِلْمٍ هُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ


Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al Quran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Al-A’raf : 52).


Dari Utsman bin Affan rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ


Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari no. 5027).


Imam Ibnu Bathol rohimahullah berkata di dalam kitabnya Syarah Shahih Bukhari :


قال المؤلف: حديث عثمان يدل أن قراءة القرآن أفضل أعمال البر كلها، لأنه لما كان من تعلم القرآن أو علمه أفضل الناس وخيرهم دل ذلك على ما قلناه


Pengarang kitab berkata : Hadist Utsman ini menunjukkan bahwa membaca Al-Qur’an adalah sebaik-baik amal di antara amal shaleh seluruhnya. Karena siapapun yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya adalah sebaik-baik manusia dan yang paling baik di antara mereka. Ini menunjukkan atas apa yang telah kami katakan. (Syarah Shahih Bukhari, jilid 10 halaman 25).


Untuk itu, setiap muslim harus belajar, membaca dan mengajarkan Al-Qur’an kepada setiap muslim, karena jika setiap muslim belajar Al-Qur’an, maka dia akan menemukan petunjuk hidup di dalamnya dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Di samping itu, orang yang mengajarkan Al-Qur’an kepada manusia, dia akan menjadi sebaik-baik manusia dan menjadi orang yang paling baik, sebab dia telah mengajarkan firman Allah kepada manusia, yang mana Al-Qur’an bisa menjadi petunjuk hidup yang mengantarkan seorang manusia ke surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Mungkin banyak yang bertanya : Ustadz, saya kan sudah tua, apa masih bisa belajar Al-Qur’an? Dan kalau saya belajar Al-Qur’an saya malu kepada anak-anak.


Perlu diketahui, bahwa belajar Al-Qur’an tidak mengenal usia, bahkan ketika sudah tua pun seorang muslim harus belajar Al-Qur’an, karena Al-Qur’an bukan hanya petunjuk untuk kehidupan di dunia ini, melainkan petunjuk untuk hidup di surga Allah.


Jika seorang muslim mengamalkan apa yang terkandung dari Al-Qur’an, maka dia tidak akan tersesat dari jalan yang benar dan insyaAllah dia akan menjadi orang sukses di dunia dan akhirat.


Dari Ibnu Abbas rodhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


إِنِّي قَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ مَا إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ فَلَنْ تَضِلُّوا أَبَدًا كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ


Sungguh aku telah meninggalkan untuk kalian dua perkara yang kalian tidak akan sesat selamanya apabila berpegang teguh dengan keduanya yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Al-Hakim no. 318).


Selain itu, membaca Al-Qur’an juga mendapatkan pahala di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Dari Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لاَ أَقُولُ الْم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ


Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. At-Tirmidzi no. 2910).


Nah, udah tau kan keutamaan membaca, belajar dan mengajarkannya Al-Qur’an? Untuk itu jangan malu untuk belajar Al-Qur’an, karena Al-Qur’an bukan hanya petunjuk hidup di dunia, akan tetapi juga petunjuk menuju surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.