logo

Hukum Wanita Membaca Alquran Tanpa Memakai Jilbab | Konsultasi Muslim



Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap wanita muslimah yang sudah baligh dan berakal, baik di tempat yang sepi maupun di tempat yang ramai. Kecuali ketika dia berada di kamarnya dan tidak dilihat oleh orang yang bukan mahromnya, maka tentunya tidak terlarang membuka auratnya.Namun, ketika dia sendiri di dalam kamar dan hendak membaca Al-Qur’an, apakah wajib baginya memakai jilbab?


Syekh Muhammad Sholeh Al-Munajjid hafidzahullah pernah ditanya tentang hukum seorang wanita membaca Al-Qur’an tanpa memakai jilbab sebagaimana disebutkan di dalam kitab Al-Islam Suaal wa Jawaab :


[السُّؤَالُ]


ماذا ينبغي أن نفعل قبل قراءة القرآن؟ وهل يجب على المرأة أن ترتدي الحجاب الكامل وهي تقرأ القرآن؟


Pertanyaan :


Apa yang seharusnya dilakukan sebelum membaca Al-Qur’an? Apakah wajib bagi seorang Wanita memakai hijab secara sempurnya ketika dia sedang membaca Al-Qur’an?


[الْجَوَابُ]


الحمد لله


لا يجب على المرأة ارتداء الحجاب لقراءة القرآن، لعدم وجود دليل يدلُّ على وجوب ذلك


قال الشيخ ابن عثيمين: (قراءة القرآن لا يشترط فيها ستر الرأس) فتاوى ابن عثيمين 1/420


Jawaban :


Tidak wajib bagi seorang wanita memakai hijab ketika membaca Al-Qur’an, karena tidak ada dalil yang menunjukkan wajibnya memakai hijab ketika membaca Al-Qur’an.


Syekh Utsaimin berkata : (Membaca Al-Qur’an tidak disyaratkan menutup aurat). Fatawa Ibnu Utsaimin 1/420.


(Al-Islam Suaal wa Jawaab, jilid 5 halaman 7475).


Sekalipun ada fatwa yang mengatakan bahwa seorang wanita tidak wajib memakai jilbab ketika membaca Al-Qur’an, akan tetapi sebisa mungkin pakailah jilbab dan pakailah pakaian yang sopan serta menutup aurat ketika hendak membacanya. Hal ini dilakukan untuk menghormati Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan kalamullah yang mulia dan petunjuk hidup bagi manusia. Jadi sepatutnya juga harus menghormati dan memuliakannya, dengan cara menutup aurat ketika membacanya, sekalipun dalam keadaan sendiri. Ini merupakan adab seorang muslim kepada firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mulia.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.