logo

Hukum Mengidolakan Artis Korea dalam Islam | Konsultasi Muslim

 


Pertanyaan :


Assalamu'alaikum warahmatullahi ta'ala wabarakatuh afwan ustadz izin bertnya Oh iya, hukum mengidolakan orang korea atau orang yang non muslim apa? Syukron penjelasan nya


Dari : Fulanah


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Mengidolakan orang kafir termasuk sesuatu yang dilarang di dalam Islam. Kenapa? Karena di hari kiamat nanti seseorang akan dibangkitkan dengan orang yang dia cintai.

 

Jika dia mencintai Rasulullah, para ulama dan orang-orang yang beriman, maka dia kelak akan dibangkitkan bersama orang-orang yang dia cintai tersebut.

 

Namun, jika dia mencintai dan mengidolakan artis korea, maka kelak dia juga akan dibangkitkan bersama artis korea. Dan sudah barang tentu, bahwa dibangkitkan bersama orang-orang kafir adalah sesuatu yang tidak patut.

 

Dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu berkata :

 

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ مَتَى السَّاعَةُ؟ قَالَ: «وَمَا أَعْدَدْتَ لِلسَّاعَةِ؟» قَالَ: حُبَّ اللهِ وَرَسُولِهِ، قَالَ: «فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ»

 

Ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dia bertanya : Wahai Rasulullah, kapan hari kiamat terjadi? Rasulullah balik bertanya : Apa yang sudah kamu persiapkan untuk menghadapi hari kiamat? Lelaki tersebut menjawab : Hanya kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab : Sesungguhnya kamu kelak bersama orang yang kamu cintai. (HR. Muslim, hadist no. 2639).

 

Imam Ibnu Hajar rohimahullah berkata di dalam kitabnya Fathul Baari Syarah Shahih Bukhari :

 

قَوْلُهُ إِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ أَيْ مُلْحَقٌ بِهِمْ حَتَّى تَكُونَ مِنْ زُمْرَتِهِمْ

 

Sabda Rasulullah : "Sesungguhnya kamu bersama orang yang kamu cintai" artinya : dibangkitkan bersama mereka hingga menjadi bagian dari barisan (golongan) mereka. (Fathul Baari Syarah Shahih Bukhari, jilid 10 halaman 555).

 

Na'udzubillah, jika mengidolakan artis korea, maka dia akan dibangkitkan bersama mereka dan termasuk golongan mereka di akhirat kelak. Tentunya ini adalah hal yang tercela, karena termasuk barisan orang-orang kafir.

 

Oleh sebab itu, idolakan orang-orang yang beriman saja. Cintai orang-orang yang beriman. Karena kelak di hari kiamat seseorang akan dibangkitkan bersama orang-orang yang dia cintai.

 

Loh ustadz, kan hanya sekedar mengidolakan, tidak sampai merusak agama. Jadi ya wajar-wajar saja dong?

 

Siapa bilang tidak merusak agama? Karena dimulai dari kecintaan, bisa meniru-niru gaya dan tampilan orang yang dia cintai, dan tentunya yang lebih parah adalah di hari kiamat nanti dia akan dibangkitkan bersama idolanya tersebut dan masuk barisan orang-orang yang dia cintai.

 

Jika yang dia cintai dan idolakan adalah orang-orang kafir, maka dia akan berada di barisan orang-orang kafir kelak. Dan orang-orang kafir tempatnya adalah neraka.

 

Hindarilah dari mengidolakan artis korea, karena tidak pantas bagi seorang muslim mengidolakan orang-orang kafir. Karena begitu banyak tokoh-tokoh muslim yang luar biasa, dan mereka jauh lebih pantas dicintai daripada hanya artis korea.

 

Imam Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata di dalam kitabnya Zaadul Ma'ad :

 

أَيْ: قَرَنَ كُلَّ صَاحِبِ عَمَلٍ بِشَكْلِهِ وَنَظِيرِهِ، فَقَرَنَ بَيْنَ الْمُتَحَابَّيْنِ فِي اللَّهِ فِي الْجَنَّةِ، وَقَرَنَ بَيْنَ الْمُتَحَابَّيْنِ فِي طَاعَةِ الشَّيْطَانِ فِي الْجَحِيمِ، فَالْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ شَاءَ أَوْ أَبى

 

Artinya : setiap pelaku perbuatan akan dikumpulkan bersama mereka yang sama kelakuannya, maka orang-orang yang saling mencintai karena Allah dikumpulkan bersama-sama di surga, dan orang-orang yang saling mencintai karena ketaatan kepada setan dikumpulkan di neraka. (Zaadul Ma'ad, jilid 4 halaman 248).

 

Nasehat saya kepada setiap muslim dan muslimah, terkhusus kepada para remaja, agar mulai dari sekarang, jangan lagi mengidolakan artis korea dan orang-orang kafir lainnya, karena kelak di akhirat seseorang akan dikumpulkan bersama orang-orang yang dia cintai. Dan tentunya, seorang muslim akan senang bila dikumpulkan dengan seorang muslim pula, sedang mereka berada di surga Allah yang penuh kenikmatan.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.