logo

Arti Mimpi Hamil Menurut Islam | Konsultasi Muslim



Perlu diketahui, bahwa tidak semua yang dimimpikan manusia itu benar adanya, karena mimpi berasal dari berbagai macam, ada mimpi yang berasal dari Allah berupa kabar gembira, dari bisikan hati dan juga mimpi yang berasal dari setan. Namun, mimpi dari bisikan hati ataupun yang berasal dari setan tersebut tentunya juga atas kehendak Allah dan atas se izin Allah, itu hanya sebagai perantara saja.


Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


الرُّؤْيَا ثَلاَثٌ: حَدِيثُ النَّفْسِ، وَتَخْوِيفُ الشَّيْطَانِ، وَبُشْرَى مِنَ اللَّهِ


Mimpi itu berasal dari 3 macam : bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah. (HR. Bukhari, hadist no. 7017).


Oleh sebab itu, jika seorang wanita muslimah mimpi hamil, maka bisa jadi karena bisikan hati berupa angan-angannya sebelum dia tidur ataupun berasal dari setan.


Lalu, apa artinya jika seorang wanita yang masih lajang mimpi hamil?


Abu Bakar Al-Ihsa’i rohimahullah berkata di dalam kitabnya Jami’ Tafasir Al-Ahlam :


وَأما الْحمل فَهُوَ للْمَرْأَة زِيَادَة المَال وللرجل حزن وَقيل رُؤْيَة الْحمل دَلِيل على النِّعْمَة وَالْمَال سَوَاء كَانَ الرَّائِي رجلا أَو امْرَأَة ورؤية الصَّبِي الَّذِي دون الْبلُوغ أَنه حَامِل تؤول لوالده ورؤية الصبية ذَلِك لوالدتها وَمن رأى أَن امْرَأَته حَامِل فَإِنَّهُ يَرْجُو شَيْئا من عرض الدُّنْيَا وَقَالَ بَعضهم وَالْحمل صَالح للرِّجَال وَالنِّسَاء على كل حَال وَمن رأى أَن شَيْئا من الْحَيَوَان حَامِل فَهُوَ خير وَمَنْفَعَة خُصُوصا إِن كَانَ نَوعه محبوبا


Adapun mimpi hamil jika hal itu dialami oleh perempuan, maka itu adalah pertanda akan bertambahnya harta atau rezeki, sebaliknya jika dialami oleh laki-laki maka itu adalah pertanda akan munculnya kesedihan. Ada juga yang berpendapat bahwa mimpi hamil adalah petunjuk akan hadirnya kenikmatan dan harta di dunia nyata, sama saja baik yang memimpikannya adalah laki-laki atau perempuan.


Apabila yang bermimpi adalah anak yang belum baligh, maka mimpi tersebut ditujukan kepada orang tuanya. Apabila yang bermimpi adalah anak perempuan, maka mimpi tersebut ditujukan kepada ibunya, sedangkan jika yang bermimpi adalah anak laki-laki, maka mimpi tersebut diperuntukkan untuk ayahnya. Jika seorang laki-laki melihat istrinya hamil, maka di dunia nyata dia sedang mengharapkan sesuatu yang berkaitan dengan urusan duniawi.


Ada juga yang mengatakan, bahwa mimpi hamil, siapapun yang memimpikannya, baik itu laki-laki atau perempuan maka sama-sama menunjukkan makna kebaikan dalam kondisi apapun. Dan barangsiapa yang melihat binatang yang hamil, maka itu pertanda bahwa akan hadirnya kemanfaatan dan kebaikan, khusus apabila hewan tersebut dia sukai. (Jami’ Tafaasir Al-Ahlaam, jilid 1 halaman 126).

 

Apakah ijtihad ulama tentang tafsir mimpi seorang wanita hamil ini sudah pasti benar?

 

Tentunya tidak, karena ini hanya sekedar pendapat ulama saja yang bisa benar dan juga bisa tidak, dan tentunya yang mengetahui perkara ghaib hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala saja. Tidak ada seorangpun dari makhluk ini yang mengetahuinya selain Allah.

 

Allah berfirman :

 

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ ۚ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ

 

Katakanlah : Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah, dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan. (QS. An-Naml : 65).

 

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَىٰ غَيْبِهِ أَحَدًا

 

(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. (QS. Al-Jin : 26).

 

قُلْ لَا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلَا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ ۚ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَىٰ وَالْبَصِيرُ ۚ أَفَلَا تَتَفَكَّرُونَ

 

Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat? Maka apakah kamu tidak memikirkan (nya)? (QS. Al-An’am : 50).


Oleh sebab itu, jika ada wanita lajang yang mimpi hamil, maka tidak ada yang perlu dicemaskan, karena bisa jadi mimpinya tersebut berasal dari bisikan hati karena dia mengangan-angankan sebelum tidur ataupun berasal dari setan, ataupun boleh jadi berasal dari Allah. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah.


Adapun tentang mimpi hamil, maka tidak perlu dicemaskan ataupun dipikirkan, karena tidak ada hal yang istimewa dari sebuah mimpi, karena segala sesuatu sudah diatur oleh Allah. Jadi, tanpa mengetahui tafsiran mimpi sekalipun takdir manusia tetap berjalan sesuai dengan ketentuan Allah.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.