logo

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Setiap Bulan | Konsultasi Muslim



Salah satu puasa yang disunnahkan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan 3 hari setiap bulannya pada tanggal 13,14 dan 15.


Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata :


أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ: صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلاَةِ الضُّحَى، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ


Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati : 1. berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2. mengerjakan shalat Dhuha, 3. mengerjakan shalat witir sebelum tidur. (HR. Bukhari, hadist no. 1178).


Dari Musa bin Tholhah rodhiyallahu ‘anhu, aku mendengar Abu Dzar rodhiyallahu ‘anhu berkata :


يَا أَبَا ذَرٍّ، إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ


Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah). (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 761).


Apa pahala puasa Ayyamul Bidh?


Dari Ibnu Milhan Al-Qoisy dari ayahnya berkata :


كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ، قَالَ: وَقَالَ:  هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda : “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Dawud, hadist no. 2449).


Hadist ini shahih menurut Imam Ibnu Hajar Al-Asqolany sebagaimana disebutkan di dalam kitab Al-Imta’ jilid 1 halaman 49.


MasyaAllah, betapa besar pahalanya di sisi Allah. Maka dari itu berpuasalah 3 hari setiap bulannya, karena puasa Ayyamul Bidh setara dengan puasa selama setahun.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.