logo

Doa Ucapan Selamat Untuk Kelahiran Anak dalam Islam | Konsultasi Muslim



Mempunyai anak adalah impian bagi suami istri di dunia ini. Karna dengan hadirnya buah hati, akan menambah kedamaian di dalam kehidupan rumah tangga mereka. Siapa sih yang tidak bergembira menyambut kelahiran seorang bayi.


Namun ada beberapa do’a yang dianjurkan para ulama ketika mengucapkan selamat atas kelahiran seorang bayi. Misalnya mengucapkan selamat kepada teman, tetangga ataupun saudara.


Ada beberapa do’a ucapan atas lahirnya seorang bayi, di antaranya adalah :


1. Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Adzkar :


يُستحبّ تهنئة المولود له، قال أصحابنا: ويُستحبّ أن يُهَنَّأ بما جاءَ عن الحسين رضي الله عنه أنه علَّم إنساناً التهنئة فقال: قل: باركَ الله لكَ في الموهوب لك، وشكرتَ الواهبَ، وبلغَ أشدَّه، ورُزقت برّه


“Dianjurkan untuk memberi selamat kepada orang yang melahirkan. Ulama mazhab kami berkata : “Dianjurkan untuk memberi selamat sebagaimana riwayat dari al-Husain rodhiyallahu ‘anhu bahwasannya beliau mengajari seseorang ucapan selamat. Beliau berkata : “Barakallahu laka fil Mauhubi laka wa syakartal wahib awa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.’” Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu. (Al-Adzkar, jilid 1 halaman 289).


Lafadz Do’anya :


بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ


Barakallahu laka fil Mauhubi laka wa syakartal wahib awa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu


Artinya : Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.


ويُسْتَحَبُّ أن يردّ على المهنئ فيقول: باركَ الله لك، وبارَك عليك، وجزاكَ الله خيراً، ورزقك الله مثلَه، أو أجزلَ الله ثوابَك، ونحو هذا


Dan dianjurkan pula untuk membalas ucapan selamat tersebut dengan : “Barakallahu laka wa baraka ‘alaika, wa jazakallahu khairan, wa razaqakallahu mitslahu, atau Ajzalallahu tsaawabaka, dan semisalnya.’” Semoga Allah juga memberkahimu dan keberkahan atasmu. Semoga Allah memberi balasan kepadamu dan semoga Allah memberi rezeki kepadamu dengan yang semisalnya. (Al-Adzkar, jilid 1 halaman 289).


Balasan do’a di atas :


بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْراً، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ


Baarakallah Laka, wa Baaroka 'alaika, wa Jazaakallahu Khoiron, wa Rozaqokallahu Mitslahu


Artinya : Semoga Allah juga memberkahimu dan keberkahan atasmu. Semoga Allah memberi balasan kepadamu dan semoga Allah memberi rezeki kepadamu dengan yang semisalnya.


2. Imam At-Thabroni rohimahullah meriwayatkan sebuah do’a sebagaimana disebutkan di dalam kitabnya Ad-Du’a Litthobroni :


كَانَ أَيُّوبُ إِذَا هَنَّأَ رَجُلًا بِمَوْلُودٍ قَالَ:جَعَلَهُ اللَّهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَعَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ


Ayyub biasanya jika memberi selamat atas kelahiran bayi dia berdo’a : “Ja’alallahu Mubarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam.


“Semoga Allah menjadikan berkah karunia yang diberikan kepadamu dan kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Ad-Du’a Litthobroni no. 946, jilid 1 halaman 294).


Lafadz do'anya :


Ja’alallahu Mubarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam


Artinya : Semoga Allah menjadikan berkah karunia yang diberikan kepadamu dan kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam


Do’a di atas juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunya di dalam kitabnya An-Nafaqoh alal ‘Iyal Li Ibni Abi Ad-Dunya no. 202, jilid 1 halaman 366).


Di dalam kitab Arsyif Muntada Al-Alukah pengarang mengomentari do’a di atas :


وهذا سندٌ حسنٌ


Do’a ini sanadnya Hasan. (Arsyif Muntada Al-Alukah).


Begitu juga disebutkan di dalam kitab Arsyif Multaqo Ahlul Hadist :


وثبت هذا الدعاء بسندٍ حسن


Dan telah ditetapkan bahwa do’a ini sanadnya Hasan. (Arsyif Multaqo Ahlul Hadist, jilid 104, halaman 137).


Maksud 2 perkataan yang mengatakan Sanadnya Hasan adalah do’a yang diriwayatkan sama seperti di atas.


Inilah do’a yang dibaca ketika mengucapkan selamat atas kelahiran seorang bayi. Memang hukumnya bukan wajib, namun para ulama menganjurkan membaca do’a seperti di atas.


Boleh gak baca do’a yang lain? Jawabannya boleh. Do’a di luar ibadah itu sifatnya bebas. Jadi boleh berdo’a apa saja. Hanya saja para ulama menganjurkan membaca do’a seperti lafadz di atas.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi 

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.