logo

Menghadiri Majelis Ilmu 1000 Kali lebih baik daripada Majelis Maulid dan Sholawat? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Assalamu'alaikum ustadz


Saya mohon izin mau bertanya


Apa yang dimaksud dengan majelis ilmu itu ustadz? Apakah belajar dari grub wa sperti ini jg bisa tergolong sbg majelis ilmu?


Dan apakah benar bahwa menghadiri majelis ilmu itu seribu kali lebih baik drpda majelis maulid atau sholawat?


Jazakumulloh ahsanal jaza' ustadz


Dari : Liya


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ، يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ، إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمِ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ، وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ، لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ»

 

Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada didekatnya. Barangsiapa yang kurang amalannya, maka nasabnya tidak mengangkatnya. (HR. Muslim, hadist no. 2699).

 

Dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا: وَمَا رِيَاضُ الجَنَّةِ؟ قَالَ: حِلَقُ الذِّكْرِ

 

Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang. Para sahabat bertanya : Apakah taman-taman surga itu? Beliau menjawab : Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir. (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 3510).

 

Jika dilihat dari hadist di atas, maka Majelis Ilmu yang dimaksud adalah Halaqah-halaqah dzikir yang diadakan di masjid.

 

Adapun di grup-grup pengajian whatsapp tidak bisa disebut majelis ilmu, karena di grup-grup whatsapp hanya sarana untuk mendapatkan ilmu saja dan tidak diadakan dzikir secara langsung.

 

Grup-grup hanya sebagai sarana untuk menuntut ilmu saja, sebagai tambahan dari majelis ilmu yang sesungguhnya, yaitu yang diadakan di masjid.

 

Apakah menghadiri majelis ilmu seribu kali lebih baik daripada majelis maulid dan sholawat?

 

Sejauh yang saya ketahui tidak ada dalil yang menyebutkan seperti itu. Hanya saja keutamaan majelis ilmu itu disebutkan Rasulullah sebagai taman surga. Serta akan turun kepada mereka ketenangan dan rahmat Allah menyelimuti mereka dan dikelilingi malaikat serta Allah akan memuji mereka di hadapan makhluk yang ada di dekatnya.

 

Adapun seribu kali lebih baik daripada majelis sholawat dan maulid, maka saya belum menemukan dalil tentang itu.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.