logo

Lelaki Punya Istri Lebih dari Satu, Diambil dari Tulang Rusuk yang Mana? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Assalamualaikum Usatdz.

 

Macam nie Ustadz, kan lelaki hanya ada satu tulak rusuk!! Nah bila istri nya 2,3,4 yg mana tulak rusuknya

 

Mohon maaf bila pertanyaan sy gimna gitu. Syukron sebelum nya.

 

Dari : Nur Anha Qairull

 

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Sering sekali kita mendengar bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk lelaki, sebagaimana Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam.

 

Dasarnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

 

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

 

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (QS. An-Nisa' : 1).

 

Dan diperjelas lagi di dalam hadist Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلْعٍ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلْعِ أَعْلَاهُ، إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ، اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

 

Berwasiatlah kepada wanita (perlakukan) dengan baik, karena wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan tulang rusuk yang bengkok adalah yang paling atas. Jika kamu paksa meluruskannya, maka dia akan patah dan jika kamu biarkan dia begitu saja, maka dia akan tetap bengkok. Oleh sebab itu berwasiatlah kepada wanita dengan sebaik-baiknya. (HR. Ibnu Syaibah, hadist no. 19272).

 

Namun, para ulama berbeda pendapat apakah hawa diciptakan benar-benar dari tulang rusuk adam, ataukah hanya sifatnya saja yang diciptakan seperti tulang rusuk yang bengkok.

 

Imam Ibnu Hajar rohimahullah berkata di dalam kitabnya Fathul Baari :

 

قَوْلُهُ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ بِكَسْرِ الْمُعْجَمَةِ وَفَتْحِ اللَّامِ وَيَجُوزُ تَسْكِينُهَا قِيلَ فِيهِ إِشَارَةٌ إِلَى أَنَّ حَوَّاءَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعِ آدَمَ الْأَيْسَرِ وَقِيلَ من ضلعه الْقصير أخرجه بن إِسْحَاقَ وَزَادَ الْيُسْرَى مِنْ قَبْلِ أَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ وَجُعِلَ مَكَانَهُ لَحْمٌ وَمَعْنَى خُلِقَتْ أَيْ أخرجت كَمَا تخرج النَّخْلَة من النواة وَقَالَ الْقُرْطُبِيُّ يُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ مَعْنَاهُ أَنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ مَبْلَغِ ضِلَعٍ فَهِيَ كَالضِّلَعِ زَادَ فِي رِوَايَةِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عِنْدَ مُسْلِمٍ لَنْ تَسْتَقِيمَ لَكَ عَلَى طَرِيقَةٍ قَوْلُهُ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ قِيلَ فِيهِ إِشَارَةٌ إِلَى أَنَّ أَعْوَجَ مَا فِي الْمَرْأَةِ لِسَانُهَا وَفِي اسْتِعْمَالِ أَعْوَجَ اسْتِعْمَالٌ لِأَفْعَلَ فِي الْعُيُوبِ وَهُوَ شَاذٌّ وَفَائِدَةُ هَذِهِ الْمُقَدِّمَةِ أَنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ أَعْوَجَ فَلَا يُنْكَرُ اعْوِجَاجُهَا أَوِ الْإِشَارَةُ إِلَى أَنَّهَا لَا تَقْبَلُ التَّقْوِيمَ كَمَا أَنَّ الضِّلَعَ لَا يَقْبَلُهُ

 

Sabda Rasulullah : "Hawa diciptakan dari tulang rusuk". Ada yang mengatakan : Di sini terdapat isyarat bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam yang sebelah kiri. Ada yang mengatakan : dari tulang rusuk yang pendek. Diriwayatkan oleh Ishaq dan ada tambahan tulang rusuk sebelah kiri. Itu terjadi sebelum masuk surga. Kemudian tulang rusuk itu diganti daging. Dan makna Hawa diciptakan, artinya dikeluarkan, sebagaimana tunas kurma yang keluar dari biji. Dan Al-Qurtubi berkata bahwa mungkin maksudnya wanita itu diciptakan dari beberapa jumlah tulang, dan tulang tersebut bengkok menyerupai tulang rusuk karena masih bagian dari tulang rusuk. Dan dia (Ibnu Ishaq) menambah pada riwayat Al-A'raj dari Abu Hurairah dari sisi Muslim : Tidak akan bisa diluruskan dengan cara ini. Dan sabda Rasulullah : "Dan sesungguhnya yang bengkok itu yang paling atas. Dikatakan bahwa ini merupakan sebuah isyarat bahwa yang bengkok pada wanita adalah lidahnya. Dan penggunaan kata "bengkok" di dalam Hadist hanya penggunaan untuk menggambarkan perbuatan dari kelemahan-kelemahan, yaitu keanehan mereka. Dan adapun faedah dari pendahuluan ini adalah bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Dan ini tidak bisa di ingkari kebengkokannya. Atau ini isyarat tidak bisa menerima koreksi apapun. Sebagaimana juga tulang rusuk tidak bisa diluruskan begitu saja. (Fathul Baari, jilid 6 halaman 368).

 

Para ulama berbeda pendapat apakah memang hawa itu tercipta langsung dari tulang rusuk Nabi adam, ataukah itu hanya sebuah kiasan saja yang menggambarkan sifat wanita yang tidak bisa diluruskan begitu saja.

 

Namun, sekalipun ada ulama yang mengatakan wanita (hawa) diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adama, yaitu dengan makna sebenarnya. Ini hanya permulaan penciptaan saja. Yaitu awal wanita diciptakan, bukan seterusnya wanita diciptakan dari tulang rusuk lelaki yang bengkok. Sebagaimana juga manusia diciptakan dari tanah. Betul. Tapi awal pencipta manusia, yaitu Nabi Adam. Adapun penciptaan selanjutnya adalah dari air mani yang hina.

 

Allah berfirman :

 

إِنَّا خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِن نُّطْفَةٍ أَمْشَاجٍ نَّبْتَلِيهِ فَجَعَلْنَٰهُ سَمِيعًۢا بَصِيرًا

 

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. (QS. Al-Insan : 2).

 

Apa hubungan ini semua dengan : "Jika istrinya banyak, dari tulang rusuk dia yang mana diciptakan 3 wanita lainnya?

 

Nah, karena lelaki dan perempuan sama-sama diciptakan dari air mani, bukan dari tanah ataupun tulang rusuk, maka pertanyaan seperti di atas batal.

 

Kenapa pertanyaan di atas menjadi batal? Karena pertanyaan di atas timbul karena salah memahami ayat dan hadist, bahwa wanita-wanita zaman sekarang termasuk ke dalam ayat dan hadist yang menyebutkan bahwa wanita diciptakan tulang rusuk lelaki. Padahal maksud ayat itu adalah hawa (istri Nabi Adam), bukan wanita secara umum.

 

Oleh sebab itu, jika lelaki poligami, istrinya sampai 4 orang, berarti sudah tidak ada hubungannya dengan tulang rusuk. Tidak ada hubungannya lagi ke 3 wanita lainnya diciptakan dari tulang rusuk lelaki yang bagian mana, karena menurut pertanyaan di atas lelaki hanya punya satu tulang rusuk.

 

Pertanyaan di atas batal. Dan lelaki yang berpoligami, punya istri sampai 4 orang adalah takdir Allah yang harus dia jalani.

 

Dan sekali lagi, tidak ada hubungannya dengan ke 3 istrinya diciptakan dari tulang rusuknya yang mana, karena pertanyaan ini batal disebabkan yang dimaksud di dalam ayat dan hadist adalah hawa (istri Nabi Adam). Dan di antara ulama juga mengatakan maksudnya hanyalah sebuah khiasan. Menggambarkan sifat wanita yang tidak bisa begitu saja menerima koreksi. Harus berhati-hati dalam meluruskan nya. Dan ada juga ulama yang mengatakan bahwa maksud bengkok itu adalah lidah wanita dan menggambarkan perbuatan wanita yang aneh. Maka dari itu pertanyaan seperti di atas batal, sebagaimana yang saya dijelaskan diatas.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.