logo

Hukum Menggendong Anak Ketika Sedang Shalat | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Assalamualaikum ustadz saya mau bertanya bagaimana solusi untuk para emak emak yang punya bayi batita balita yang sllau nempel gak mau ditinggal sampe shalat pun ngak mau ditinggal sebentar untuk shalat dan tidak ada orang lain harus nitipin anaknya. terus gimana hukum nya suka telat dan kadang sampe gak shalat karna anak ngak mauu jauh jauh untuk shalatpun susah karna anak gk mau jauhh. terimakasih ustadz..


Dari : Nenti


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Jika mempunyai anak yang masih kecil, sementara tidak ada yang menjaganya, kemudian sang ibu hendak mengerjakan shalat, jika sang anak dibiarkan, nanti dia merangkak atau berjalan ke mana-mana dan takut membahayakan dirinya, maka dalam hal ini boleh shalat sambil menggendongnya. Dan hal ini pernah dilakukan oleh baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika menggendong cucu beliau yang bernama Umamah, anak dari Zainab binti Rasulullah.

 

Dari Abu Qotadah rodhiyallahu 'anhu berkata :

 

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَبِي الْعَاصِ بْنِ رَبِيعَةَ بْنِ عَبْدِ شَمْسٍ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا وَإِذَا قَامَ حَمَلَهَ

 

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat sembari menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Umamah merupakan putri Abi Al-Ash bin Abdi As-Syams. Apabila Rasulullah sujud, beliau meletakkannya di lantai dan ketika berdiri dari sujud, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menggendongnya kembali. (HR. Bukhari, hadist no. 516).

 

Berdasarkan hadist di atas, boleh hukumnya menggendong anak ketika shalat jika tidak ada yang menjaganya.

 

Akan tetapi, anak kecil tersebut harus dipastikan dulu bersih dari najis. Sebab jika dia dalam keadaan najis dan mengenai orang yang sedang shalat, maka shalat akan menjadi batal disebabkan terkena najis anak kecil tersebut.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.