logo

Hukum Membunuh Tikus dan Hewan Yang Menjijikkan di dalam Islam | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Bagaimana hukum kita membunuh binatang yg menjijikan karena mengganggu semisal tikus,karena kami tak bisa menjebaknya terpaksa kita kasih lem,apa ini tidak masuk dlm penganiayaan terhadap binatang,trima kasih,,


Sebelumnya assallamualaikum warohmatullohi wabarokatuh


Dari : Mudiyati


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Ada 5 hewan fasiq yang diperbolehkan oleh baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam untuk dibunuh, salah satunya adalah tikus.

 

Dari Ummul Mukminin Aisyah rodhiyallahu 'anha berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

خَمْسٌ فَوَاسِقُ، يُقْتَلْنَ فِي الْحِلِّ وَالْحَرَمِ: الْحَيَّةُ، وَالْغُرَابُ الْأَبْقَعُ، وَالْفَأْرَةُ، وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ، وَالْحُدَيَّا

 

Lima hewan fasiq yang boleh dibunuh di luar tanah suci dan di tanah suci yaitu : ular, gagak, tikus, serigala dan rajawali. (HR. Muslim, hadist no. 1198).

 

Akan tetapi hendaklah membunuhnya dengan cara yang baik, bukan dengan menyiksanya.

 

Dari Saddad bin Aus rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ

 

Sungguh Allah mewajibkan berbuat berbuat baik kepada apa pun dan siapapun. Maka dari itu, jika kalian membunuh, maka lakukan dengan cara yang baik. Bila kalian menyembelih binatang, maka lakukan dengan cara yang baik. Hendaknya seorang dari kalian menajamkan alat sembelihnya sehingga bisa meringankan sembelihannya. (HR. Muslim, hadist no. 1955).

 

Adapun membunuh tikus dengan lem saya rasa tidak termasuk menyiksa binatang, kecuali misalnya jika dia membunuh dia dengan menyiramnya dengan air panas ataupun dikuliti hidup-hidup, maka hal seperti yang dilarang di dalam Islam disebabkan menyiksa binatang. Dan Islam melarang setiap muslim menyiksa binatang, apapun alasannya.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.