logo

Membaca Surat Al-Baqarah Bisa Mengusir Setan dari Rumah | Konsultasi Muslim



Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar selalu membaca Al-Qur’an dan shalat sunnah di rumah. Karena jika tidak melakukan itu, maka rumah seperti layaknya kuburan, di mana kuburan merupakan tempat yang sepi dan tidak ada suara-suara. Untuk itu baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan agar jangan sampai rumah seorang muslim layaknya kuburan yang sepi dari suara. Jika rumah sepi dari bacaan-bacaan Al-Qur’an dan dzikir kepada Allah, maka bisa jadi menjadi tempatnya setan.


Untuk mengusir setan dari rumah, baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk membacakan surat Al-Baqarah untuk mengusirnya.


Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ


Jangan jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah. (HR. Muslim, hadist no. 780).


Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، وَإِنَّ البَيْتَ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ البَقَرَةُ لاَ يَدْخُلُهُ الشَّيْطَانُ


Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya, maka tidak akan dimasuki setan. (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 2877).


Pelajaran yang bisa diambil dari hadist di atas :


1. Rumah yang tidak dibacakan Al-Qur’an di dalamnya seperti layaknya kuburan, di mana kuburan itu tempat sepi, tidak ada suara-suara, apalagi orang membaca Al-Qur’an.


2. Membaca surat Al-Baqarah di rumah bisa mengusir setan.


3. Membaca surat Al-Baqarah juga bisa menjadikan setan tidak bisa masuk ke dalam rumah.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.