logo

Melahirkan Dengan Bantuan Dokter Laki-Laki, Bolehkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Assamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh ustadz. Izin bertanya bila ada seorang wanita yang melahirkan lalu dibantu kelahirannya oleh dokter laki laki itu bagamana ustadz?


Dari : Sekar


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Hal pertama yang harus dia lakukan adalah dia harus mencari dokter/bidan perempuan di sekitar kotanya. Jika tidak ada, coba cari lewat online. Dan jika dia tidak mendapatkan juga, sedangkan dia telah mencarinya dengan sungguh-sungguh, maka apa boleh buat, boleh dengan bantuan dokter laki-laki.

 

Sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

 

الحجة قد تنزل منزلة الضرورة

 

Kebutuhan terkadang menempati posisi darurat.

 

Artinya, jika dia sudah mencarinya, tetapi tidak ada. Sementara dia butuh bidan perempuan untuk membantu melahirkan anaknya. Maka kebutuhan semacam ini sudah termasuk darurat, sehingga jika tidak menemukan bidan perempuan, maka boleh dibantu persalinannya oleh dokter laki-laki.

 

Dengan catatan : Dia telah berusaha mencari bidan perempuan di sekitar tempat dia tinggal. Baik secara langsung maupun secara online. Jika tidak ada, maka barulah boleh dibantu oleh dokter laki-laki.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.