logo

Keutamaan Hari Jum’at | Konsultasi Muslim



Hari Jum’at merupakan hari yang sangat istimewa di dalam Islam, sampai-sampai Allah membuat satu surat khusus yang bernama Al-Jumu’ah yang berarti hari Jum’at. Oleh sebab itu banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa ditemukan pada hari Jum’at.


Keutamaan-keutamaan hari Jum’at :


1. Hari Jum’at adalah sebaik-baik hari di antara hari-hari lainnya.


2. Nabi Adam diciptakan pada hari Jum’at.


3. Hari Jum’at juga hari ketika Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga.


4. Hari Kiamat terjadi pada hari Jum’at.


Dari ‘Abdurrahman Al-A’raj bahwa dia mendengar Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ


Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika dia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika dia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at. (HR. Muslim, hadist no. 854).


5. Hari Jum’at adalah hari Raya kaum muslimin.


Dari Ibnu ‘Abbas rodhiyallahu ‘anhuma berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


إِنَّ هَذَا يَوْمُ عِيدٍ، جَعَلَهُ اللَّهُ لِلْمُسْلِمِينَ، فَمَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ، وَإِنْ كَانَ طِيبٌ فَلْيَمَسَّ مِنْهُ، وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ


Sesungguhnya hari ini (Jum’at) Allah menjadikannya sebagai hari raya bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang menghadiri shalat Jum’at hendaknya mandi, jika dia memiliki wangi-wangian, maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah. (HR. Ibnu Majah, hadist no. 1098).

 

Pelajaran-pelajaran yang bisa diambil dari hadist di atas :


1. Hari Jum’at mempunyai banyak keutaman-keutamaan dibanding hari-hari lainnya.


2. Hari kiamat terjadi di hari Jum’at.


3. Hendaknya seorang muslim memperbanyak beribadah di hari Jum’at, karena banyaknya keutamaan-keutamaan beribadah pada hari Jum’at.


4. Hari Jum’at sebaik-baik hari.


5. Hari Jum’at adalah hari Raya kaum muslimin di seluruh penjuru dunia.

 

Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.