logo

Hukum Mencium Mushaf Al-Qur’an | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Bismillah. Assalamualaikum ustadz izin bertanya apa hukumnya mencium mushaf? Sekian dari saya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Dari : Ririn


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Mencium mushaf Al-Qur'an hukumnya boleh menurut para ulama dan tidak ada dalil yang melarangnya, bahkan menurut Imam As-Suyuthi mencium mushaf hukumnya sunnah.

 

Imam As-Suyuthi rohimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Itqon Fii 'Uluumil Qur'an :

 

يُسْتَحَبُّ تَقْبِيلُ الْمُصْحَفِ لِأَنَّ عِكْرِمَةَ بْنَ أَبِي جَهْلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَانَ يَفْعُلُهُ وَبِالْقِيَاسِ عَلَى تَقْبِيلِ الْحَجَرِ الاَسْوَدِ ذَكَرَهُ بَعْضُهُمْ وَلِأَنَّهُ هَدْيُهُ مِنَ اللهِ تَعَالَى فَشِرعَ تَقْبِيلُهُ كَمَا يُسْتَحَبُّ تَقْبِيلُ الْوَلَدِ الصَّغِير

 

Disunahkan mencium mushaf karena Ikrimah bin Abu Jahl rodhiyallahu 'anhu melakukaknnya (mencium Al-Qur'an), dan juga di qiyaskan dengan mencium Hajar Aswad sebagaimana disebutkan oleh sebagian ulama, dan karena mushaf Al-Qur'an merupakan anugerah dari Allah Ta'ala. Maka dari itu disyariatkan menciumnya sebagaimana disunahkannya mencium anak kecil. (Al-Itqon Fii 'Ulumil Qur'an, jilid 4 halaman 189).

 

Oleh sebab itu mencium mushaf bukan dilarang sebagaimana yang dikatakan oleh sebagian orang atau kelompok tertentu yang mengatakan tidak ada dalil yang shahih.

 

Namun nyatanya para ulama membolehkan menciumnya, karena tidak ada dalil yang melarangnya dan begitu juga yang dilakukan oleh Ikrimah bin Abi Jahl. Berdasarkan perbuatan Ikrimah lah kemudian para ulama membolehkannya.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.