logo

Do’a Ketika Mengalami Kesulitan | Konsultasi Muslim



Apabila seorang muslim berada dalam kesulitan, sering sekali dia galau, gak enak ngapa-ngapain, makan gak enak, bahkan matanya sulit dipejamkan karena kepikiran masalah yang sedang dihadapi.


Untuk itu baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita do’a apabila seorang muslim berada dalam masa-masa sulit. Entah dia sulit mendapatkan pekerjaan, sulit mendapatkan jodoh, ataupun sulit membayar hutang, atau dalam kesulitan apapun, bisa membaca do’a di bawah ini.


Dari Ibnu Abbas rodhiyallahu ‘anhuma berkata :


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ عِنْدَ الكَرْبِ: «لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ»


Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengalami kesulitan beliau berdo’a : Laa Ilaaha Illallah Al-‘Azhiim Al-Haliim, Laa Ilaaha Illallah Robbul ‘Arsyil ‘Azhiim. Laa Ilaaha Illallah, Robbus Samaawaati Wa Robbul Ardhi Wa Robbul ‘Arsyil Kariim.


Artinya : Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Rabb yang menguasai langit, Rabb yang menguasai bumi, dan Rabb yang menguasai ‘arsy, lagi Maha Mulia. (HR. Bukhari, hadist no. 6346).

 

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist di atas :


1. Hadist di atas menunjukkan bahwa ketika dalam kesulitan dan meminta pertolongan kepada Allah, hendaknya memuji Allah, karena Allah adalah tuhan yang berhak disembah.


2. Ketika seorang muslim dalam keadaan kesulitan hendaklah membaca do’a di atas.


3. Do’a di atas menggambarkan bahwa Allah penguasa seluruh alam semesta.

 

Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.