logo

Memulai Percakapan Online harus dengan Bismillah atau Assalamu’alaikum? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz ingin bertanya, ketika kita ingin memulai berkomunikasi lewat online WhatsApp , harus dengan awalan assalamualaikum atau bismillah?

Dari : Witri Hidayah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Kita diperintahkan agar setiap melakukan sesuatu haruslah didahului dengan basmalah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بـ (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) فهو أقطع

Setiap urusan yang tidak dimulai dengan bacaan "basmalah" : "Bismillahirrahmanirrahim" maka terputus berkahnya. (Dikeluarkan oleh as-Syubki di dalam Thobaqot asy-Syafi'i al-Kubro, jilid 1 halaman 12).

Derajat Hadist :

Di dalam kitab Syarah al-Fiyah as-Suyuthi fii al-Hadist al-Musamma jilid 1 halaman 7 disebutkan :

قال النووي رحمه الله : هذا الحديث حسن. وصححه ابن حبان وأبو عوانة

Imam an-Nawawi rohimahullah berkata : "Hadist ini hasan." Dan di shahihkan oleh Ibnu Hibban dan Abu 'Awanah.

Apapun yang kita lakukan, maka hendaklah dia mendahuluinya dengan bismillah. Misalnya nyapu, ngepel, belajar, masak, nyuci pakaian, memulai percakapan dengan seseorang secara langsung atau apapun itu hendaklah dimulai dengan basmalah, termasuk juga sebelum chat, maka dia bisa memulai dengan basmalah.

Begitu juga dengan memulai chat secara online, hendaklah dia mendahuluinya dengan basmalah. Akan tetapi, basmalah tidak perlu diucapkan atau ditulis, yang ditulis hanyalah salam sebagai bukti bahwa kita mendo'akan saudara kita sesama muslim dan dia pun membalas hal yang serupa kepada kita.

Jadi, ketika memulai percakapan online cukup dengan salam saja, sedangkan basmalah diucapkan di dalam hati saja, namun jika mau ditulis juga, maka tidak masalah.

Mengucapkan salah hukumnya wajib, baik ketika kita bertemu dengan saudara kita secara langsung, maupun secara online.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ : إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ

Hak muslim atas muslim yang lainnya ada 6 macam. Ada salah seorang bertanya : Apa saja yang 6 itu wahai Rasulullah? 1. Apabila kamu bertemu dengan seorang muslim, maka ucapkanlah salam kepadanya. (HR. Muslim, hadist no. 2162). (Potongan Hadist)

Imam Ash-Shon'ani rohimahullah berkata di dalam kitabnya Subulussalam Syarah kitab Bulughul Maroom min Jam'i Adillatil Ahkaam jilid 4 halaman 152 :

والأمر دليل على وجوب الابتداء بالسلام. إلا أنه نقل ابن عبد البر وغيره أن الابتداء بالسلام سنة وأن رده فرض

Dan asal perintah dari hadist diatas bahwa memulai mengucapkan salam hukumnya wajib. Dan akan tetapi dinuqil dari perkataan Ibnu Abdil Baar dan selainnya, bahwa memulai salam hukumnya sunnah, sedangkan menjawabnya (menjawab salam) hukumnya wajib.

Mau bertemu secara langsung ataukah lewat online, maka hukumnya sama. Begitu juga dengan memulai percakapan secara online, maka sama hukumnya dengan mengucapkan salam secara langsung apabila bertemu dengan saudara sesama muslim. Karena bertemu sekarang bukan hanya secara langsung saja, di dunia maya pun bertemu karena canggihnya teknologi zaman sekarang ini, oleh sebab itu mengucapkannya juga termasuk wajib sebagaimana yang disebutkan oleh Imam As-Shon'ani di atas, akan tetapi menurut Ibnu Abdil Baar hukum mengucapkan salam itu sunnah bukan wajib.

Oleh sebab itu, memulai percakapan cukup dengan salam saja, adapun mengucapkan basmalah dibaca di dalam hati saja. Namun jika ingin menulisnya, maka tentu lebih baik lagi.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.