logo

Hukum Membajak Akun Orang Lain | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustad mau nanya.

Gimana hukumnya orang yang bajak akun orang lain.

Mohon pencerahanya.

Dari : Tari

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Membajak akun orang lain adalah tindakan mencuri. Dia mencuri sesuatu yang bukan haknya.

Pencuri termasuk dosa besar karena adanya laknat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, oleh sebab itu seorang muslim tidaklah pantas menganggap remeh sesuatu yang dia curi dari orang lain, karena hal itu bisa mendatangkan laknat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

لعن الله السارق يسرق البيضة فتقطع يده ويسرق الحبل فتقطع يده

Allah melaknat pencuri yang mencuri sebutir telur, lalu di lain waktu dia dipotong tangannya karena mencuri tali. (HR. Bukhari, hadist no. 6285).

Selain itu mencuri atau membajak akun adalah termasuk menzolimi orang lain, karena terkadang seseorang butuh dengan akunnya tersebut, seperti mau berjualan, promosi barang, menulis status dakwah ataupun menggunakannya untuk bertransaksi dengan teman-temannya.

Membajak akun orang lain termasuk tindakan zolim dan hukumnya haram di dalam Islam.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

قال الله تبارك وتعالى: يا عبادي، إني حرمت الظلم على نفسي، وجعلته بينكم محرمًا؛ فلا تظالموا

Allah Tabaaraka wa Ta'ala berfirman : "Wahai hambaku, sesungguhnya aku haramkan kezaliman atas Diriku, dan aku haramkan juga kezaliman bagi kalian, maka janganlah saling berbuat zalim." (HR. Muslim, hadist no. 2577).

Yakinlah, orang yang menzolimi orang lain tidak akan beruntung dunia dan akhirat sebelum dia meminta maaf kepada orang yang dia zolimi.

Allah berfirman :

إِنَّهُ لاَ يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak mendapat keberuntungan. (QS. Al-An'am : 21).

Maka dari itu, siapapun yang membajak akun orang lain dia berdosa, selain dia dikatakan pencuri, dia juga menzolimi orang lain, dan tindakan itu dimurkai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.