logo

Berdosakah Melakukan Kesalahan Jika Belum Baligh? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum,  kalo misal kita diasuh sejak lahir oleh orang lain yang bukan siapa-siapa kita, dan didikan kita sepenuhnya oleh orang tua angkat. katanya kalau belum baligh dosanya di tanggung orang tuanya  dan bagi wanita dosanya juga ditanggung ayah, saudara laki², adik laki² dan kaka laki²nya kalau belum menikah. jelas kan bagaimana pertanggung jawaban dosa dari sebelum baligh hingga menikah'nya kodrat seorang wanita? Syukron.

Dari : Ayu Winarsih

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Anak yang belum baligh ketika dia melakukan salah seperti tidak shalat dan sebagainya, maka dia tidak berdosa dan dosa tersebut tidak pula ditanggung oleh kedua orang tuanya atau siapapun.

Allah berfirman :

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ عَنْ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ وَعَنْ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

Pena catatan amal diangkat (tidak ditulis amalnya) untuk tiga orang : "Orang yang tidur sampai bangun, anak kecil sampai baligh, dan orang gila sampai dia sadar." (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 1423).

Oleh karnanya anak kecil sebelum baligh tidaklah berdosa ketika dia melakukan kesalahan. Dan tidak dicatat dosa baginya. Sedangkan ketika dia berbuat kebaikan, maka dia akan dicatat mendapat pahala.

Ibnu Rusyd rohimahullah berkata :

إنَّ الصَّغِيرَ لا تُكْتَبُ عَلَيْهِ السَّيِّئَاتُ وَتُكْتَبُ لَهُ الْحَسَنَاتُ عَلَى الصَّحِيحِ مِنْ الأَقْوَالِ

Sesungguhnya anak kecil tidak dicatat dosa baginya. Namun dicatat baginya pahala kebaikan menurut pendapat yang shahih dari pendapat-pendapat yang ada.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.