logo

Shalat Witir Sebelum Tidur Atau Setelah Tidur? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz,sholat tarawih dikerjakan setelah sholat isya,bagaimana klo seseorang setelah sholat isya dia tidur,lalu bangun dan mengerjakan sholat tarawih dan dilanjutkan dgn sholat witir,karena sy pernah mendengar bahwa sholat witir itu dikerjakan setelah kt sholat isya dan sebelum tidur malam.terima kasih.

Dari : Suci

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Shalat witir bisa dikerjakan sebelum tidur ataupun setelah tidur, dan hal ini pernah dilakukan oleh 2 Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yaitu Abu Bakar dan Umar.

Dari Abu Qotadah rodhiyallahu 'anhu berkata :

أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لأَبِى بَكْرٍ مَتَى تُوتِرُ قَالَ أُوتِرُ مِنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ. وَقَالَ لِعُمَرَ مَتَى تُوتِرُ. قَالَ آخِرَ اللَّيْلِ. فَقَالَ لأَبِى بَكْرٍ أَخَذَ هَذَا بِالْحَزْمِ. وَقَالَ لِعُمَرَ أَخَذَ هَذَا بِالْقُوَّةِ

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada Abu Bakar : "Kapankah kamu melaksanakan witir?" Abu Bakar menjawab : saya shalat witir di permulaan malam (sebelum tidur). Dan beliau bertanya kepada Umar : "Kapankah kamu melaksanakan witir?" Umar menjawab : Saya shalat witir pada akhir malam (setelah bangun tidur). Kemudian beliau berkata kepada Abu Bakar : Orang ini melakukan dengan penuh hati-hati. Dan kepada Umar beliau mengatakan : Sedangkan orang ini begitu kuat.(HR. Abu Daud, hadist no.1434).

Berdasarkan hadist ini, maka shalat witir bisa dikerjakan kapanpun, bisa dikerjakan di awal malam (sebelum tidur) sebagai penutup shalat malam dan bisa juga setelah bangun tidur, setelah melakukan shalat tahajjud misalnya.

Dan kedua-duanya dipraktekkan oleh sahabat Nabi dan dibolehkan, karena Nabi tidak melarang kedua sahabat beliau melakukan shalat witir sebelum tidur ataupun setelah bangun dari tidur.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.