logo

Begini Cara Agar Lebih Khusyu Beribadah di Bulan Ramadhan | Konsultasi Muslim



Banyak di antara kaum muslimin ketika beribadah di awal-awal Ramadhan begitu semangat beribadah. Masjid-masjid melimpah ketika shalat tarawih berjama'ah. Namun ketika Ramadhan sudah masuk pertengahan, jama'ah mulai berkurang, bahkan sampai akhir Ramadhan pun jama'ah juga mulai surut sampai hanya tinggal belasan saja.

Semangat seperti ini adalah semangat setengah-setengah dan tidak seharusnya tidak dilakukan oleh kaum muslimin. Padahal di bulan Ramadhan, pintu surga di buka dan pintu neraka di tutup.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu. (HR. Bukhari, hadist no. 3277).


Solusi agar tetap semangat dan khusyu' beribadah di bulan Ramadhan adalah hendaknya dia mengingat bahwa keutamaan bulan Ramadhan begitu besar, yang apabila beribadah di bulan Ramadhan, maka Allah akan membalasnya dengan ganjaran yang besar. Dan dia juga mengingat kematian, agar dia tetap semangat dan khusyu' dalam beribadah.

Bayangkan jika tahun ini adalah tahun terakhir berjumpa dengan bulan Ramadhan. Karena belum tentu kita bisa bertemunya dengan bulan Ramadhan tahun depan.

Karena kematian bisa datang kapan saja, bisa mengahampiri siapa saja tanpa kenal usia.

Allah berfirman :

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (QS. Al-A'raf : 34).

Oleh sebab itu, supaya beribadah khusyu' dan tetap semangat, maka ingatlah keutamaan bulan Ramadhan dan ingatlah kematian. Jika mengingat kedua ini, maka insyaAllah beribadah akan semangat dan akan lebih khusyu' dalam menjalankan ibadah. InsyaAllah.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.