logo

Larangan Berpuasa 1 atau 2 hari sebelum Ramadhan | Konsultasi Muslim



Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَا تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا، فَلْيَصُمْهُ

Janganlah kalian berpuasa satu atau dua hari sebelum Ramadhan kecuali seseorang yang punyakebiasaan puasa, maka bolehlah dia berpuasa. (HR. Muslim, hadist no. 1082).

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim :

فِيهِ التَّصْرِيحُ بِالنَّهْيِ عَنِ اسْتِقْبَالِ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَيَوْمَيْنِ لِمَنْ لَمْ يُصَادِفْ عَادَةً لَهُ أَوْ يَصِلْهُ بِمَا قَبْلَهُ فَإِنْ لَمْ يَصِلْهُ وَلَا صَادَفَ عَادَةً فَهُوَ حَرَامٌ هَذَا هُوَ الصَّحِيحُ فِي مَذْهَبِنَا لِهَذَا الْحَدِيثِ

Hadist ini adalah penjelasan dilarangnya menyambut Ramadhan dengan berpuasa satu hari atau dua hari sebelum Ramadhan bagi yang tidak bertepatan dengan kebiasaan puasanya sebelumnya. Jika tidak menyambung kebiasan puasa sebelumnya dan tidak bertepatan sebelum Ramadhan, maka berpuasa satu hari atau dua hari sebelum Ramadhan hukumnya haram. Ini adalah pendapat yang benar di dalam mazhab kami (Syafi’i) berdasarkan hadist ini. (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, jilid 7 halaman 194).


Pelajaran yang bisa di ambil dari hadist di atas :

1. Dilarangnya berpuasa satu hari atau dua hari sebelum Ramadhan, hal ini untuk membedakan puasa wajib dan puasa sunnah.

2. Puasa yang dilarang di dalam hadist ini adalah puasa sunnah mutlaq, yaitu puasa sunnah yang tanpa sebab.

3. Adapun puasa wajib seperti puasa qodho’, puasa nadzar, puasa karena membayar kaffaroh, puasa daud ataupun bertepatan dengan dia puasa sunnah senin atau kamis misalnya, maka diperbolehkan karena ada sebabnya.

Apalagi misalnya dia sudah biasa melakukan puasa daud, sehari puasa sehari tidak, dan sehari atau dua hari sebelum Ramadhan bertepatan dengan jadwal puasa daudnya, maka boleh.

Begitu juga misalnya dia sudah biasa melakukan puasa sunnah senin kamis, dan sehari atau dua hari sebelum Ramadhan bertepatan dengan dia puasa sunnah senin atau kamis, maka dia boleh berpuasa, karena ada sebabnya dan dia menyambung puasa-puasa sebelumnya.

4. Setiap amalan yang dilarang di dalam Islam pastilah terdapat hikmah yang bisa dipetik dan diambil pelajaran darinya.

5. Islam mengajarkan bahwa hidup mempunyai aturan. Agama mengambil peran dalam menata hidup seseorang. Dan semua itu diciptakan oleh Allah untuk hamba-hambanya yang beriman agar hidupnya tertata rapi dan semua yang dikerjakan manusia sudah diatur oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.