logo

Hukum Bersendawa Saat Puasa, Batalkah Puasanya? | Konsultasi Muslim



Terkadang kita merasakan sendiri ataupun melihat orang lain bersendawa saat puasa di siang hari. Dan sebagian bertanya-tanya tentang hukum bersendawa di siang hari, apakah membatalkan puasa atau tidak. Dan banyak yang was-was ketika dia bersendawa, batal gak ya, rusak gak ya puasanya.

Imam Ar-Ramli rohimahullah berkata di dalam kitab Nihayatul Muhtaj :

أَكَلَ أَوْ شَرِبَ لَيْلًا كَثِيرًا وَعُلِمَ مِنْ عَادَتِهِ أَنَّهُ إذَا أَصْبَحَ حَصَلَ لَهُ جُشَاءٌ يَخْرُجُ بِسَبَبِهِ مَا فِي جَوْفِهِ هَلْ يَمْتَنِعُ عَلَيْهِ كَثْرَةُ مَا ذُكِرَ أَوْ لَا، وَهَلْ إذَا خَالَفَ وَخَرَجَ مِنْهُ يُفْطِرُ أَمْ لَا فِيهِ نَظَرٌ، وَالْجَوَابُ عَنْهُ بِأَنَّهُ لَا يُمْنَعُ مِنْ كَثْرَةِ ذَلِكَ لَيْلًا، وَإِذَا أَصْبَحَ وَحَصَلَ لَهُ الْجُشَاءُ الْمَذْكُورُ يَلْفِظُهُ وَيَغْسِلُ فَمَه وَلَا يُفْطِرُ وَإِنْ تَكَرَّرَ مِنْهُ ذَلِكَ مِرَارًا كَمَنْ ذَرَعَهُ الْقَيْءُ


Makan dan minum di malam hari, dan kebiasaannya apabila di pagi hari dia bersendawa disebabkan makan dan minum di malam hari tersebut, sehingga makanan yang dari lambungnya ikut keluar, apakah terlarang baginya banyak makan dan minum atau tidak? Dan apakah apabila menyelisihi (tetap makan dan minum banyak) dan keluar sendawa, apakah membatalkan puasanya atau tidak? Jawabannya : “Bahwa tidak dilarang banyak makan dan minum di malam hari.” Ketika di siang hari dia bersendawa, maka hendaknya dia ludahkan, lalu dia cuci mulutnya (berkumur), dan puasanya tidak batal,  meskipun hal itu terjadi berulang. Sebagaimana orang yang muntah tidak sengaja. (Nihayatul Muhtaj, jilid 3 halaman 171).

Imam Ar-Ramli mengatakan bahwa sendawa bukanlah termasuk membatalkan puasa dan seseorang tidak dilarang makan dan minum banyak di malam hari. Namun ketika dia bersendawa di siang hari, maka hendaklah dia ludahkan dan berkumur-kumur untuk menghilangkannya.

Oleh sebab itu kaum muslimin jangan lagi was-was ketika bersendawa, karena bersendawa di siang hari saat puasa tidaklah membatalkan puasa.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.