logo

Benarkah Orang Yang Sudah Meninggal Bisa Melihat Kita? | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalaamu'alaikum ustadz.

Mau nanya: Apakah arwah/ruh orang tua kita yang telah meninggal,bisa melihat kita?

Itu aja ustadz prtanyaan nya.

Wassalaamu'alaikum..

Dari : Noy Gepeng

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perlu diketahui bahwa roh orang yang telah meninggal tidak bisa melihat kita ataupun keluarganya karena telah berbeda alamnya.

Di dalam kitab Mauqi'ul Islam Sual wa Jawab disebutkan :


والميت كذلك لا يعلم بشيء من أحوالهم لأنه غائب عنهم في نعيم أو عذاب، ولكن قد يُطلع الله بعض الموتى على بعض أحوال أهله ولكن دون تحديد. وقد جاءت آثار لا يعتمد عليها بأن الأموات قد يعرفون أشياء من أحوال أهلهم

Dan begitu juga mayit, dia tidak mengetahui keadaan keluarganya, karena dia tidak ada di tengah-tengah mereka. Mereka sibuk dalam kenikmatan atau adzab. Dan terkadang Allah tampakkan kepada beberapa mayit keadaan keluarganya, namun ini tanpa batasan waktu tertentu. Terdapat beberapa atsar (riwayat dari para ulama) tentang hal ini yang belum bisa dijadikan dalil (karena perlu dilakukan penelitian ulang) yang menyebutkan bahwa mayit terkadang mengetahui keadaan keluarganya. (Mauqi'ul Islam Sual wa Jawab, jilid 1 halaman 81).

Hanya saja memang ada beberapa di antara mayit orang-orang yang beriman Allah berikan kelebihan seperti melihat keadaan keluarganya sebagaimana disebutkan oleh pengarang kitab di atas.

Adapun permasalahan roh, tidak diajarkan oleh baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan hanya Allah lah yang mengetahui permasalahan ghoib. Tidak seorang pun yang mengetahui perkara ghoib, sekalipun baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kecuali dalam perkara yang diajarkan kepada baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Dan pada hakikatnya, semua yang kita lakukan berdasarkan dalil, baik berasal dari Al-Qur'an maupun dari Hadist Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Karena semua yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.

Allah berfirman :

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS. Al-Isra' : 36).

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.