logo

Bacaan Ketika I’tidal | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Maaf ustadz saya mau tanya, Saat kita sholat berjama'ah sebagai ma'mum, ketika imam mengucapkan " sami'a Allahhu liman hamidah " . Kami ma'mum menjawabnya " Rabbanaa walakal khamdu " , apakah setelah kami menjawab dengan bacaan tersebut kami harus membaca doa " Rabbana walakal khamdu mil a'ssamawati ... dan seterusnya???

Mohon penjelasannya ustadz terimakasih

Dari : Hamba Allah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Di dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، فَقُولُوا: رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ

Apabila Imam mengucapkan : "Sami'allahu Liman Hamidah", maka jawablah : "Robbana Wa Lakal Hamdu". (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 267).

Dan di dalam riwayat lain disebutkan :

Dari Ibnu Abi Aufa berkata :

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ قَالَ: «سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ، وَمِلْءَ الْأَرْضِ، وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ»

"Biasanya Rasulullah shallallahu' alaihi wasallam jika mengangkat kepalanya dari rukuk beliau mengucapkan : "Sami’allahu liman hamidah allohumma robbanaa lakal hamdu mil-as samaawaati wa mil-al ardhi wa mil-a maa syi’ta min syai-in ba’du". (Allah mendengar orang yang memuji-Nya. Ya Allah segala puji bagi-Mu, pujian sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apa yang Engkau inginkan lebih dari itu semua)". (HR. Ibnu Majah, hadist no. 878).

Sebenarnya, lafadz-lafadz yang dibaca ketika i'tidal itu banyak dan beragam macam. Ada yang hanya mengucapkan : "Robbana Wa Lakal Hamdu". Dan ada pula versi yang lainnya.

Apakah setelah membaca Robbana Wa Lakal Hamdu harus membaca bacaan lainnya?

Tidak harus membaca bacaan lainnya, karena bacaan : Robbana Wa Lakal Hamdu juga termasuk bacaan yang dibaca ketika i'tidal dan ada di dalam hadist Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Adapun jika dia mau membaca bacaan lainnya sebagai tambahan, maka boleh dan tidak masalah karena kedua bacaan di atas ada di dalam hadist baginda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.