logo

Sudah Bertaubat Tapi Tidak diampuni Allah? Benarkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustadz....

Izin bertanya tadz...

Apakah benar ada 6 macam dosa yg tidak bisa di ampuni oleh Allah meskipun sudah bertaubat pada Allah ustadz????

Mohon penjelasan nya ustadz...Syukron....

Dari : Ida

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Yang saya tau hanya satu yaitu dia menyakiti saudaranya sesama Muslim, dan dia belum meminta maaf kepada yang dia sakiti tersebut, maka Allah menangguhkan ampunan untuknya sebelum dia meminta maaf kepada yang bersangkutan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ : أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan : Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim, hadist no. 1987).

Oleh sebab itu Allah menunda pengampunan dosa bagi yang berselisih tersebut.

Adapun seperti yang dikatakan memakan harta anak yatim dan sebagainya, maka sebetulnya ini masuk didalam kategori diatas, yaitu hubungan manusia dengan manusia. Dan dia harus membayarnya serta meminta maaf kepadanya serta memohon ampun kepada Allah. Ini satu kategori yaitu hubungan manusia dengan manusia.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.