logo

Selamat Tinggal Corona Selamat Datang Ramadhan | Konsultasi Muslim


Tak terasa rupanya Ramadhan akan menghampiri kita sebentar lagi, jika Allah menghendaki umur kita panjang. Sudah tak diragukan lagi bahwa harapan kaum muslimin pada saat ini adalah : “ Selamat tinggal Corona, Selamat datang Ramadhan”. Karena ganasnya virus corona yang menyebar di tengah-tengah masyarakat sekarang ini. Dan dengan do’a kaum muslimin, insyaAllah akan segera pergi, bahkan bisa saja corona pergi sebelum datangnya Ramadhan.

Do’a, yang sekilas tampak spele namun efeknya begitu luar biasa karena do’a adalah senjata orang-orang yang beriman. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda :

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

“Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a. (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 3370).
Allah berfirman :


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka, hendaknya mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.“ (Q.S Al-Baqarah : 186).

Selain do’a kita juga diperintahkan untuk berusaha dalam mencegah virus corona ini dengan mengikuti anjuran pemerintah dalam menangani kasus corona tersebut. Tetap di dalam rumah dan lakukan apa yang diperintah dalam rangka pencegahan corona ini.

Dengan mengikuti anjuran pemerintah dan selalu berdo’a kepada Allah, mudah-mudahan virus corona ini segera pergi dari muka bumi ini sebelum datangnya Ramadhan, agar kaum muslimin tenang dalam beribadah kepada Allah dan tidak dihantui rasa takut terhadap penyakit yang bisa mencelakakan manusia tersebut.

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit sopak, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang mengerikan lainnya.” (HR. Ahmad, hadist no. 13004).

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.