logo

Puasa 3 Hari Awal Bulan Sya’ban Dapat Pahala Seperti Ibadah 700 Tahun? | Konsultasi Muslim


Pertanyaan :

Bagi yang mengerjakan puasa 2 hari di awal Sya’ban seakan ibadah 2 tahun (kamis jum’at). Bagi yang mengerjakan puasa 3 hari dari hari (kamis, jum’at dan sabtu) berturut-turut di bulan Sya’ban, maka pahalanya ibadah 700 tahun.

Assalamu'alaikum. Apakah benar ini ustadz. Mohon penjelasannya. Syukron.

Dari : Intan


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Apa yang ditulis pada gambar di atas tidaklah benar. Itu merupakan sebuah kedustaan dan fitnah yang keji terhadap baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Rasulullah tidak pernah berkata seperti itu di dalam hadistnya. Tidak ada satupun hadist baginda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang menyebutkan akan mendapatkan pahala ibadahnya 700 tahun. Tentu ini kedustaan atas nama Rasulullah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka. (HR. Bukhari, hadist no. 1291).

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta’ala a’lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.