logo

Memberangkatkan Orang Tua Umroh dulu atau Renovasi Rumah Orang Tua? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum,,,Ustad mau bertanya,,lebih penting mana niat nya berangkatkan orang tua umroh atau renovasi rumah ortu???

Dari : Sukma

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

إِذَا تَزَاحَمَتِ الْمَصَالِحُ قُدِّمَ اْلأَعْلَى مِنْهَا

Jika ada beberapa kemaslahatan (kepentingan) bertabrakan, maka maslahat yang lebih besar (lebih tinggi) harus didahulukan.

Seperti contoh di atas, antara umroh dan renovasi rumah. Kedua-duanya penting. Akan tetapi yang lebih tinggi kebutuhannya yang mana untuk saat ini? Maka dari itu harus diukur seberapa besar kebutuhan di antara keduanya.

Jika misalnya rumahnya sudah sangat rusak, tapi di sisi lain uangnya juga bisa dipakai untuk umroh, maka otomatis renovasi rumah lebih di dahulukan karena rumahnya kan sudah sangat rusak dan harus diperbaiki secepatnya.

Sebagaimana sebuah qoidah ushul fiqih menyebutkan :

الاصل فى كل واحد تقديره باقرب زمنه

Asal segala sesuatu diperkirakan dengan yang lebih dekat zamannya.

Dahulukan kepentingan yang lebih tinggi dan yang lebih dekat jika memang secepatnya di perlukan. Masalah umroh kan bisa nanti jika punya uang lagi.

Kecuali rumahnya baik-baik saja dan belum rusak, maka bisa mendahulukan umroh. Karena ibadah umroh merupakan ibadah yang di sunnahkan di dalam Islam.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.