logo

Lupa Jumlah Hutang Puasa, Apa Yang Harus dilakukan? | Konsultasi Muslim


Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ustadz izin bertanya. Bagaiman jika di tahun kemarin ada seseorang yang tidak melunasi puasa Ramadhan, lalu ia ingin melunasi nya namun lupa hutang puasanya jumlahnya berapa? Lalu bagaimana ustadz?

Terimakasih

Dari : Sekar

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى  melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Jika dia lupa berapa jumlah puasa yang tinggalkan, maka harus menggantinya terus menerus, sampai dia sudah yakin bahwa puasanya tersebut sudah terpenuhi semuanya.

Ibnu Qudamah rohimahullah seorang ulama mazhab Hambali berkata di dalam kitabnya Al-Mughni :

إذَا كَثُرَتْ الْفَوَائِتُ عَلَيْهِ يَتَشَاغَلُ بِالْقَضَاءِ، مَا لَمْ يَلْحَقْهُ مَشَقَّةٌ فِي بَدَنِهِ أَوْ مَالِهِ، أَمَّا فِي بَدَنِهِ فَأَنْ يَضْعُفَ أَوْ يَخَافَ الْمَرَضَ، وَأَمَّا فِي الْمَالِ فَأَنْ يَنْقَطِعَ عَنْ التَّصَرُّفِ فِي مَالِهِ، بِحَيْثُ يَنْقَطِعُ عَنْ مَعَاشِهِ، أَوْ يُسْتَضَرُّ بِذَلِكَ. وَقَدْ نَصَّ أَحْمَدُ عَلَى مَعْنَى هَذَا. فَإِنْ لَمْ يَعْلَمْ قَدْرَ مَا عَلَيْهِ فَإِنَّهُ يُعِيدُ حَتَّى يَتَيَقَّنَ بَرَاءَةَ ذِمَّتِهِ.

Apabila tanggungan puasa sangat banyak, maka dia harus terus-menerus melakukan qodho'. Selama tidak memberatkan badan dan hartanya. Adapun pada badannya, bisa melemahkan badannya atau takut sakit, adapun pada hartanya, dikhawatirkan sesuatu yang terjadi pada hartanya itu, lebih2 terputus penghidupannya, atau dikhawatirkan menimbulkan mudorot dengan hal tersebut. Dan Imam Ahmad telah menegaskan ini secara tegas. Jika dia tidak tau berapa jumlah hari yang menjadi kewajiban puasanya, maka dia harus mengulang-ulang qodho puasanya, sampai dia yakin telah menggugurkan seluruh tanggungan puasanya. (Al-Mughni, jilid 1 halaman 439).

Oleh sebab itu, jika sekiranya lupa berapa jumlah puasa yang akan dia qodho', hendaklah dia berpuasa terus menerus sampai dia sudah yakin dia telah membayar lunas hutang puasanya tersebut.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.