logo

Larangan Memakan Makanan Yang Masih Panas | Konsultasi Muslim



Baginda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang seorang Muslim untuk memakan makanan yang masih panas dan beliau tidak menyukai hal tersebut.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata :

أُتِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا بِطَعَامٍ سُخْنٍ فَقَالَ: " مَا دَخَلَ بَطْنِي طَعَامٌ سُخْنٌ مُنْذُ كَذَا وَكَذَا قَبْلَ الْيَوْمِ

Pada suatu hari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam didatangi oleh seseorang dan di hidangkan sebuah makanan yang masih panas, lalu beliau berkata : "Tidak akan masuk kedalam perutku makanan yang panas sejak saat ini dan sebelumnya". (HR. Al-Baihaqi, hadist no. 14630).

Di dalam kitab al-Adabu asy-Syar’iyyah disebutkan :

فَصْلٌ لَا يُؤْكَلُ طَعَامٌ حَتَّى يَذْهَبَ بُخَارُهُ

Fasal tentang makanan tidak dimakan hingga hilang panasnya.

Dari Asma binti Abu Bakr rodhiyallahu ‘anhuma berkata :

أَنَّهَا كَانَتْ إذَا ثَرَدَتْ شَيْئًا غَطَّتْهُ حَتَّى يَذْهَبَ فَوْرُهُ ثُمَّ تَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إنَّهُ أَعْظَمُ لِلْبَرَكَةِ

Sesunguhnya beliau (Rasulullah), jika beliau membuat roti tsarid wadahnya beliau ditutupi sampai panasnya hilang kemudian beliau mengatakan, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya makanan yang sudah tidak panas itu lebih besar berkahnya”. (HR Ahmad dari hadisnya ibnu luhai'ah). (al-Adabu asy-Syar’iyyah, jilid 3 halaman 223).

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist di atas :

1. Dilarangnya memakan makanan yang masih panas.

2. Hendaklah dia menunggu makanan hingga dingin, kemudian baru menyantapnya.

3. Larangan di sini bukanlah haram, namun hanya sebatas makruh saja.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.