logo

Hukum Menyembelih Hewan Yang Ditabrak Motor | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Pak ustad saya mau bertanya

Apakah boleh menyembelih ayam yang sudah kejang kejang karna sakit akibat tertabrak motor?

Dari : Rachmanto

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Boleh. Dengan syarat ayam yang disembelih tersebut adalah ayam sendiri. Ataupun ayam orang lain, akan tetapi jika yang punya tidak berada di situ, sementara ayam tersebut mau sekarat, maka boleh hukumnya disembelih.

Berdasarkan qoidah fiqih :

إِذَا تَزَاحَمَتِ الْمَصَالِحُ قُدِّمَ اْلأَعْلَى مِنْهَا

Jika ada beberapa kemaslahatan (kebaikan) bertabrakan, maka maslahat (kebaikan) yang lebih besar (lebih tinggi) harus didahulukan.

Artinya hal itu dilakukan untuk menyelamatkan ayam tersebut, agar dia tidak menjadi bangkai. Sebab, jika dia mati dengan sendirinya, maka dia menjadi bangkai dan hukumnya haram untuk dimakan.

Nah, sebelum itu terjadi, maka menyembelihnya adalah solusi agar dia halal dimakan.

Begitu juga misalnya jika ayam tersebut adalah ayam tetangga misalnya, maka untuk menyelamatkan nya, disembelih terlebih dahulu untuk menyelamatkan ayam tersebut agar tidak menjadi bangkai, dan agar dagingnya halal untuk dimakan.

Setelah itu, apabila tetangga atau yang punya ayam datang, beritahu dia bahwa ayamnya sekarat dan hampir mati, baik karena ditabrak mobil, motor, ataupun lainnya.

Di dalam kitab Fathul Mu'in disebutkan :

ويشترط في الذبيح غير المريض  شيآن. أحدهما : أن يكون فيه حياة مستقرة أول ذبحه

Dan disyaratkan penyembelihan itu, salah satunya adalah kehidupan mustaqirroh : "Ruhnya masih ada di jasadnya". (Fathul Mu'in, jilid 2 halaman 394).

Artinya, masih bisa bergerak.

Maka, dalam hal ini hendaknya disegerakan untuk disembelih.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a’lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.