logo

Hukum Jual Beli Kucing | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

Maaf ustad saya mau tanya adakah hukumnya jual beli kucing?

Dari : Sukma

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Dari Jabir rodhiyallahu ‘anhu berkata :

أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ

Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari menjual anjing dan kucing. (HR. Abu Daud, hadist no. 3479).

Dan kemudian dengan Hadist ini mazhab Zohiri mengatakan bahwa jual beli kucing itu tidak boleh.

Imam An-Nawawi rohimahullah membantah perkataan ulama-ulama yang melarangnya. Beliau berkata di dalam kitab Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab :

جَوَابُ أَبِي العباس بن العاص وَأَبِي سُلَيْمَانَ الْخَطَّابِيِّ وَالْقَفَّالِ وَغَيْرِهِمْ أَنَّ الْمُرَادَ الهرة الوحشية فلا يصح بيعها لِعَدَمِ الِانْتِفَاعِ بِهَا

Jawaban untuk Abul 'Abbas bin Al-'Ash, Abu Sulaiman Al-Khattabi, Al-Qoffal dan selainnya, bahwa yang dimaksud dengan (sinnaur) di situ adalah kucing liar atau hutan (Al-Wahsyi). Maka tidak boleh menjualnya, karena tidak ada manfaatnya. ) Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab, jilid 9 halaman 230).

Nah, jadi jumhur (mayoritas) ulama membolehkan menjual kucing yang berkeliaran di sekitar rumah. Adapun maksud "sinnur" di dalam hadist di atas menurut Imam An-Nawawi adalah kucing liar, baik yang tinggal di hutan maupun selainnya. Karena tidak ada manfaatnya.

Adapun kucing yang jinak dan tidak liar, maka boleh hukumnya dijual menurut jumhur(mayoritas) ulama. Karena ada manfaatnya apabila dijual. Baik untuk teman main sehari-hari, untuk peliharaan dan sebagainya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a’lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.