logo

Hat-Hati! Tasyabbuh Membuahkan Kecintaan | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz mau nanya,, maksud dari tulisan tersebut apa ya ustadz?

Dari : Nanda Habibah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Lafadz asli yang di dalam gambar itu seperti ini.

Di dalam kitab Tahdzib Iqtidho' as-Siroth al-Mustaqim jilid 1 halaman 101 Syekhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahullah berkata :


أن المشابهة في الظاهر تورث نوع مودة ومحبة، وموالاة في الباطن، كما أن المحبة في الباطن تورث المشابهة في الظاهر، وهذا أمر يشهد به الحس والتجربة، حتى أن الرجلين إذا كانا من بلد واحد، ثم اجتمعا في دار غربة، كان بينهما من المودة

Bahwa penyerupaan penampilan secara lahiriyah akan menimbulkan sifat kecintaan dan kesukaan, dan loyalitas di dalam hati. Sebagaimana juga cinta di dalam hati akan menimbulkan penyerupaan secara lahiriyah. Dan ini adalah sesuatu yang bisa dirasakan oleh indra dan sudah dibuktikan oleh pengalaman. Sehingga jika ada 2 orang laki-laki dari satu negeri, kemudian berkumpul di negeri yang aneh (keluar negerinya), maka diantara keduanya akan tumbuh kecintaan.

Artinya, jika seseorang misalnya suka kepada sesuatu, misalnya suka kepada sebuah baju. Pada asalnya hukumnya mubah karena termasuk perkara mu'amalah.

Sebagaimana sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

الأصل في الأشياء الإباحة

Asal hukum segala sesuatu (dalam perkara Mu'amalah)  _adalah boleh.

Namun, ketika baju yang dipakai itu biasa dipakai oleh orang-orang kafir, maka bisa disebut tasyabbuh (menyerupai) orang-orang kafir. Maka bisa menjadi sebab di larang.

Akan tetapi, jika baju atau apapun yang dipakai oleh orang-orang kafir sudah menjadi umum, artinya yang memakai nya bukan hanya khusus orang-orang kafir, tapi dipakai oleh banyak orang, maka menjadi boleh memakainya. Tergantung kondisinya. Adapun contoh di atas maksudnya bisa baju adat mereka atau apapun yang menjadi ciri khas mereka. Seperti baju natal mereka dan sebagainya. Adapun selain itu, maka memakainya hukumnya boleh karena dalam perkara mu'amalah (dalam masalah dunia).

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.