logo

Do'a Agar Terhindar dari Virus Corona | Konsultasi Muslim



Hebohnya Indonesia karena rupanya virus Corona telah masuk ke Indonesia dan 2 orang telah menjadi sasarannya. Masyarakat Indonesia pun panik bukan main, karena di dalam pikiran kebanyakan masyarakat bahwa virus Corona bisa membunuh seseorang. Namun pada hakikatnya, seseorang meninggal dunia bukan terkena virus Corona, melainkan ajalnya sudah sampai dan saatnya dia pulang ke kampung asalnya. Adapun virus Corona hanya sebagai perantara saja.

Allah berfirman :

فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya. (QS. An-Nahl : 61).

Betapa banyak juga orang-orang di China sana yang terkena virus Corona, tapi akhirnya mereka sembuh dan tidak jadi meninggal dunia, karena ajalnya belum sampai.

Oleh sebab itu, selalu lah berdo'a kepada Allah agar terhindar dari virus Corona tersebut. Dan di dalam Islam diajarkan do'a-do'a agar terhindar dari kemudorotan. Salah satu kemudorotan pada saat sekarang ini adalah virus Corona.

Apa do'a agar terhindar dari virus Corona?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَالَ: بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ، ثَلاثَ مَرَّاتٍ، لَمْ تَفْجَأْهُ فَاجِئَةُ بَلاءٍ حَتَّى اللَّيْلِ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي، لَمْ تَفْجَأْهُ فَاجِئَةُ بَلاءٍ حَتَّى يُصْبِحَ إِنْ شَاءَ اللهُ

Barangsiapa yang berdo'a : "Dengan nama Allah. Tidak ada suatu apapun yang dapat memberikan bahaya dengan nama-Nya di muka bumi dan tidak juga di langit. Dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui". Dan dia baca 3x. Maka dia tidak akan ditimpa musibah dengan tiba-tiba hingga malam hari. Dan barangsiapa yang membaca yang membaca do'a ini ketika sore hari, maka dia tidak akan ditimpa musibah sampai subuh insyaAllah. (HR. Ahmad, hadist no. 538).

Syekh Syu'aib al-Arnauth di dalam Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata :

حسن

Hadist ini derajatnya hasan (bagus). (Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal, jilid 1 halaman 546).

Do'anya :

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Dengan nama Allah. Tidak ada suatu apapun yang dapat memberikan bahaya dengan nama-Nya di muka bumi dan tidak juga di langit. Dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui".

Jika seorang Muslim membaca do'a di atas di waktu subuh dan sore, insyaAllah dia akan terhindar dari bahaya, termasuk virus Corona insyaAllah. Akan tetapi dia juga harus ada usaha dalam mencegahnya, tidak cukup dengan do'a, namun harus ada tindakan, dengan cara memakai masker jika keluar rumah, menghindari kontak dengan warga asing yang berwisata dari negara-negara yang terkena virus Corona dan sejumlah tindakan lainnya dalam rangka mencegah virus Corona tersebut.

Musibah apapun yang menimpa kita, ingatlah! Itu semua terjadi atas izin Allah Subhanahu wa Ta'ala, andai itu semua tidak atas izin Allah, maka tentu musibah atau virus Corona tersebut tidak akan menimpa rakyat Indonesia dan tidak akan masuk ke Indonesia.

Salah satu cara kita untuk menghindari nya adalah dengan cara berlindung kepada Allah, berdo'a agar dihindarkan dari bahaya-bahaya yang bisa mencelakakan diri sendiri dan masyarakat Indonesia.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qodho serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari: 6616).

Oleh sebab itu, jangan terlalu panik dengan virus Corona, yang penting sebagai seorang Muslim kita berusaha untuk mencegahnya, dengan berdo'a kepada Allah dan dengan tindakan nyata dari diri sendiri untuk mencegahnya seperti memakai masker ketika keluar rumah, menghindari kontak batin dengan warga-warga negara asing yang di negaranya terkena virus Corona dan sejumlah usaha lainnya. Dan segala sesuatu terjadi atas izin Allah. Hidup mati pun ada di tangan Allah. Jika Allah berkata : "belum", dan sekalipun kau terkena virus Corona, maka akan sembuh dengan izin Allah insyaAllah.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.