logo

Dilarang Menikah dengan Laki-laki Satu Kampung? Benarkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz

Ustadz ana mau tanya apa hukum nya menikah dengan laki-laki satu kampung??

Kata orang-orang kok haram ustadz,  apakah itu benar ustadz??

Dari : Siti Erika

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Berita seperti ini tidak benar dan termasuk kebatilan. Karena tidak ada satu dalilpun yang melarang menikah dengan orang yang satu kampung.

Tentunya, jika berita itu disebarkan, maka sama saja menyebarkan berita bohong. Dan di dalam Islam orang-orang yang menyebarkan berita bohong diancam akan masuk ke dalam neraka.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Dan jauhilah kedustaan, karena kedustaan itu membawa kepada kemaksiatan, dan kemaksiatan membawa ke neraka. Jika seseorang senantiasa berdusta dan selalu berdusta, hingga akhirnya ditulis di sisi Allah sebagai seorang pendusta. (HR. Muslim, hadist no. 105).

Oleh sebab itu, pembuat dan penyebar berita bohong, kelak akan mendapatkan balasan yang setimpal, karena telah menipu manusia.

Tidak ada larangan dan tidak ada satu dalil pun di dalam Islam mengenai menikah satu kampung dengannya. Baik dari Al-Qur'an maupun Hadist baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.