logo

Darah Nifas Kering Sebelum 40 Hari, Apakah Harus Mandi Wajib? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz. Kalo wanita habis melahirkan itu darah nifas bersihnya kan beda-beda antara wanita satu dengan wanita yang lain. Yang saya tanyakan untuk pelaksanaan  mandi wajibnya. Kalo misal udah bersih 30 hari langsung mandi wajib apa harus nunggu 40 hari. Terima kasih.

Dari : Wiwin

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Seperti yang diketahui, bahwa wanita yang mengeluarkan darah nifas maka dia tidak shalat, puasa, jima' dan sebagainya selama 40 hari. Karena normalnya masa nifas selama 40 hari lamanya. Hal ini berdasarkan Hadist yang di riwayatkan oleh Ummu Salamah rodhiyallahu 'anha berkata :

كَانَتْ النُّفَسَاءُ تَقْعُدُ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ نِفَاسِهَا أَرْبَعِينَ يَوْمًا. رَوَاهُ الْخَمْسَةُ إلَّا النَّسَائِيّ، وَاللَّفْظُ لِأَبِي دَاوُد. وَفِي لَفْظٍ لَهُ : وَلَمْ يَأْمُرْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَضَاءِ صَلَاةِ النِّفَاسِ. وَصَحَّحَهُ الْحَاكِمُ

Para wanita yang mengalami nifas di zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk (libur sholat) selama 40 hari setelah mengalami nifas. (HR. Lima orang Ahli Hadist kecuali an-Nasa'i, Subulussalam hadist no. 137). Dan lafadz ini adalah lafadz Abu Daud. Dan lafadz lainnya : "Dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak memerintahkan untuk mengqodho' shalat setelah nifas. Dan hadist ini di shahihkan oleh al-Hakim.

Berdasarkan hadist di atas, bahwa tidak ada ketentuan khusus tergantung lamanya waktu nifas, hanya saja pada masa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lama waktu nifas adalah sekitar 40 hari. Dan dia shalat setelah 40 hari (setelah nifas berhenti). Akan tetapi, jika sebelum 40 hari darah nifas sudah berhenti (suci), maka dia boleh mandi wajib dan kembali shalat seperti sediakala.

Imam at-Tirmidzi rohimahullah berkata di dalam kitabnya al-Jami' al-Kabir jilid 1 halaman 204 :

وَقَدْ أَجْمَعَ أَهْلُ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالتَّابِعِينَ، وَمَنْ بَعْدَهُمْ عَلَى أَنَّ النُّفَسَاءَ تَدَعُ الصَّلاَةَ أَرْبَعِينَ يَوْمًا، إِلاَّ أَنْ تَرَى الطُّهْرَ قَبْلَ ذَلِكَ، فَإِنَّهَا تَغْتَسِلُ وَتُصَلِّي. فَإِذَا رَأَتِ الدَّمَ بَعْدَ الأَرْبَعِينَ فَإِنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ العِلْمِ قَالُوا : لاَ تَدَعُ الصَّلاَةَ بَعْدَ الأَرْبَعِينَ، وَهُوَ قَوْلُ أَكْثَرِ الفُقَهَاءِ. وَبِهِ يَقُولُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، وَابْنُ الْمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحْمَدُ، وَإِسْحَاقُ.

Dan sungguh telah sepakat para ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para tabi'in serta generasi setelah mereka berkata bahwa wanita yang nifas, dia harus meninggalkan shalat selama 40 hari, kecuali dia merasa bahwa dia suci sebelum itu (40 hari), maka dia mandi dan shalat. Apabila dia merasa bahwa darah nifas keluar setelah 40 hari, maka kebanyakan dari ulama berkata : "janganlah meninggalkan shalat setelah 40 hari". Dan ini pendapat kebanyakan ulama. Pendapat ini sebagaimana pendapat Sufyan at-Tsauri, Ibnu al-Mubarok, asy-Syafi'i, Ahmad dan Ishaq.

Begitu juga apabila darah nifasnya lewat 40 hari, maka dia tetap melakukan shalat seperti biasanya menurut para kebanyakan ulama, karena di anggap darah istihadoh oleh sebagian ulama.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.