logo

Benarkah Imam Mahdi telah Lahir dan Kiamat Akan Terjadi tahun 2024? | Konsultasi Muslim



Salah satu tanda hari kiamat adalah lahirnya Imam Mahdi ke dunia ini untuk menumpas Dajall di permukaan bumi ini. Dan Imam Mahdi memimpin di bumi selama 7 tahun lamanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْمَهْدِيُّ مِنِّي، أَجْلَى الْجَبْهَةِ، أَقْنَى الْأَنْفِ، يَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا، كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا، يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِينَ

Al-Mahdi itu keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kebijaksanaan, sebagaimana sebelumnya penuh dengan kedzaliman dan kecurangan. Dia memimpin selama 7 tahun. (HR. Abu Daud, hadist no. 4285).

Benarkah Imam Mahdi sudah lahir?

Tidak ada yang mengetahui Imam Mahdi sudah lahir atau belum karena ini adalah perkara ghoib yang hanya Allah yang tau. Adapun ciri-ciri Imam Mahdi memang bisa dilihat, namun kita tentunya mengikuti para ulama dalam hal ini. Apabila para ulama seluruh dunia sepakat bahwa dia Imam Mahdi dengan melihat tanda-tandanya, maka kita bisa mengatakan dia Imam Mahdi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَوْ لَمْ يَبْقَ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا يَوْمٌ لَطَوَّلَ اللَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ حَتَّى يَبْعَثَ فِيهِ رجل مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي وَاسْمُ أَبِيهِ اسْمُ أَبِي يَمْلَأُ الارض قِسْطًا وَعَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ ظُلْمًا وَجَوْرًا. أخرجه أبو داود (4281) واللفظ له، والترمذي (2230 و2231)، وقال: "هذا حديث حسن صحيح". وصححه ابن حبان (6824 و6825/ الإحسان).


“Andaikan dunia tinggal sehari lagi, Allah Taala akan panjangkan hari tersebut sehingga diutus padanya seorang lelaki dari ahli baitku (keturunanku) namanya serupa namaku dan nama ayahnya serupa nama ayahku (Muhammad bin Abdillah). Dia akan penuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman dan penindasaan.” (HR. Abu Dawud, hadist no. 4281). Hadist ini di shahihkan okeh Imam At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban. (al-I'tishom, jilid 2 halaman 85).

Berdasarkan Hadist di atas, bahwa keadaan dunia ini sebelum Imam Mahdi memimpin dipenuhi kedzaliman dan penindasan. Dan kedzolimah dan penindasan terjadi di penjuru dunia, bukan hanya terjadi di satu wilayah saja. Adapun keadaan sekarang kedzoliman dan penindasan hanya terjadi di beberapa penjuru saja, bukan merata ke penjuru dunia lainnya. Oleh sebab itu tidak bisa dikatakan Imam Mahdi telah lahir ke dunia ini dan menetapkan Imam Mahdi telah lahir merupakan perkara ketergesa-gesaan.
Ini merupakan prediksi dan bentuk cocokologi yang tidak bisa dijadikan pedoman. Jika seorang Muslim menetapkan sesuatu dengan cocokologi, apa bedanya dengan orang-orang yang tidak mengetahui tentang Islam? Tidak ada bedanya, apalagi ini tidak ada dasarnya, baik bersumber dari Al-Qur’an maupun Hadist baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Benarkah kimat akan terjadi tahun 2024?
Memang, pada hakikatnya kita berada di penghujung zaman, di mana zaman kita sekarang adalah zaman yang dekat dengan hari kiamat. Namun memprediksi kiamat terjadi pada tahun 2024 tidaklah bisa dibenarkah dan tidak masuk akal, karena jika kiamat terjadi pada tahun 2024, berarti Imam Mahdi telah lahir dan telah memimpin selama 7 tahun, dan dalam riwayat lain dikatakan memimpin selama 8 sampai 9 tahun lamanya. Tapi nyatanya Imam Mahdi belum memimpin dan Dajjal belum muncul hingga saat ini. Bukan kita menginginkan Dajjal segera muncul, akan tetapi jika kita menganalisa berdasarkan Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti itulah yang akan terjadi.
Prediksi seperti ini tidak berdasar dan hanya mengandalkan cocokologi semata, bukan berdasarkan dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam.Perkara kiamat adalah perkara ghoib yang tidak diketahui manusia kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Allah berfirman :
قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ ۚ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
"Katakanlah : "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib kecuali Allah", dan mereka tidak engetahui bila mereka akan dibangkitkan. (QS. an-Naml : 65).
Di dalam ayat lain Allah berfirman :
عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَىٰ غَيْبِهِ أَحَدًا. إِلَّا مَنِ ارْتَضَىٰ مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا
"(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada rasul yang diridahiNya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan belakangnya. (QS. Al-Jin : 26-27).
Oleh sebab itu prediksi dan cocokologi yang dilakukan oleh beberapa orang dengan mengatakan bahwa Imam Mahdi telah lahir dan kiamat terjadi pada tahun 2024, maka semua ini tidaklah benar dan tidak bisa dijadikan pedoman dalam perkara kiamat. Dan sebagai seorang Muslim pedoman kita adalah Al-Qur’an dan Hadist, bukan prediksi dan cocokologi atau menebak-nebak terjadinya sesuatu, dan ini harus ditinggalkan oleh seorang Muslim dan tidak boleh di ikuti.
Semoga bermanfaat.
Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.