logo

Benarkah Imam Mahdi Akan di Bai'at Tahun 2020? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum.

Ustadz saat ini banyak ustadz mengatakan bahwa tahun 2020 ialah tahun kedatangan Imam Mahdi. Gimana tanggapan ustadz. Dan dalam hadits katanya berasal dari Madinah. Dan saat ini kata ustadz itu ciri-ciri orang yang mirip dengan Imam Mahdi sudah ada dan dilindungi oleh ulama Madinah. Dan katanya dalam hadits nanti di bai'at saat usia 40. Tahun ini katanya usai Udah 40. Terimakasih.

Dari : Noy Gepeng

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perkara kedatangan Imam Mahdi itu adalah perkara ghoib, dan itu salah satu tanda kiamat. Tidak ada seorang manusia pun yang mengetahuinya kecuali Allah.

Allah berfirman :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Mereka bertanya kepadamu tentang kiamat, kapankah terjadinya? Katakanlah : "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia." Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah : "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS. Al-A'raf : 187).

Bahkan baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam saja tidak tau kapan terjadinya kiamat. Dan baginda Rasulullah tidak pernah memprediksi tahun kemunculan Imam Mahdi. Jadi, ustadz yang mengatakan Imam Mahdi muncul di Tahun 2020, butuh dalil khusus yang mendukung pernyataan tersebut.

Jika hanya menghitung-hitung sendiri tanpa dalil, maka bisa jatuh kepada ramalan dan ramalan haram hukumnya di dalam Islam. Tidak ada yang tau perkara ghoib kecuali Allah.

Allah berfirman :

قُلْ لا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللَّهُ

Katakanlah : "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan. (QS. An-Naml : 65).

Menurut saya, ustadz tersebut terlalu cepat menetapkan sesuatu. Apalagi kita tau bahwa kedatangan Imam Mahdi termasuk perkara ghoib. Jadi butuh dalil pendukung untuk mengatakan bahwa Imam Mahdi keluar muncul pada Tahun 2020.

Ingat, baginda Rasulullah tidak pernah mengatakan tahunnya, jadi jangan mengatakan sesuatu tentang perkara ghoib, karena bisa jatuh kepada ramalan. Sedangkan ramalan haram hukumnya di dalam Islam.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a’lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.