logo

Bahagiakanlah Orang Tuamu | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu’alaikum ...

ana mau bertanya ..

apakah kita diperbolehkan menghibur orang tua kita supaya bahagia . karna terkadang kita sama orang tua selalu serius dan hati hati . bagaimana pandanganya

jazakallah khoir

Dari : Arif Khubillah Fauzan

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Menghibur atau menyenangkan orang tua adalah sebuah kebaikan, dan bisa membuahkan pahala di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena itu perbuatan baik. Karena orang tua merupakan pintu surga bagi seorang anak.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya. (HR. Tirmidzi, hadist no. 1900).

Perlu diketahui, bahwa menghibur ataupun menyenangkan orang tua termasuk ke dalam perkara mu'amalah. Dan setiap perkara mu'amalah diperbolehkan di dalam Islam, selama tidak ada dalil yang melarangnya dan selama tidak melenceng dari syari'at Islam.

Sebuah qoidahfiqih menyebutkan :

الأصل في الأشياء الإباحة

Asal hukum segala sesuatu adalah boleh.

Oleh sebab itu, senangkanlah hati orang tua selama mereka hidup di dunia ini. Karena jika mereka telah tiada, terkadang timbul penyesalan di dalam hati. Kenapa dulu tidak begini, kenapa dulu tidak begitu. Selagi mereka hidup di dunia ini, maka senangkanlah hati mereka.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.