logo

Apa Itu Ihsan? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Ustadz, saya ingin bertanya..

Definisi ihsan dalam beribadah yang sebenarnya itu bagaimana yaa...

Syukran ustadz..

Dari : Ade

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Pengertian Ihsan bisa dilihat di dalam berikut ini. Di dalam Hadist disebutkan :

أَنْ تَعْبـــُدَ اللَّهَ كَأَنَّــكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

Bahwa engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, maka bila engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Allah melihatmu. (HR. Muslim).

Artinya begini, sekalipun misalnya yang kita sembah tidak berada di hapan kita secara langsung, namun bayangkan lah jika seandainya kita beribadah dihadapan sang pencipta, tentunya kita akan beribah dengan sangat khusyu', tenang dan penuh kehati-hatian.

Sama halnya dengan kita berada di sebuah ruangan yang ada cctv nya, tentunya kita tidak bisa melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan.

Begitu juga jika dilakukan di dalam beribadah kepada Allah, seharusnya dia khusyu', tenang, penuh hati-hati dan sebagainya. Memakai baju bagus, memakai wangi-wangian serta bersih dan suci, baik suci badan, pakaian maupun tempat. Sehingga seolah olah seseorang beribadah layaknya bertemu dengan Allah ketika dia beribadah.

Maka dari itu, jika kita tidak melihat Allah dalam beribadah, maka ketahuilah, sesungguhnya Allah melihat kita.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.