logo

Anak Zina Menjadi Imam Masjid, Bolehkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Afwan ustad mau bertanya. Apakah hukum bagi anak dari hasil zina menjadi imam di masjid?

Dari : Hidayah Sholehah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Mengenai anak zina menjadi imam shalat, maka Imam an-Nawawi di dalam kitab al-Majmu' Syarah al-Muhadzab jilid 4 halaman 290 membagi menjadi 3 pendapat :

1. Pendapat yang memakruhkan. Dan ini pendapat Imam asy-Syirozi (pengarang kitab al-Muhadzab) dan ulama mazhab Syafi'i.

Imam an-Nawawi rohimahullah berkata:

قَالَ الْمُصَنِّفُ وَالْأَصْحَابُ غَيْرُ وَلَدِ الزِّنَا أَوْلَى بِالْإِمَامَةِ مِنْهُ وَلَا يُقَال إنَّهُ مَكْرُوهٌ وأما قول الشيخ ابى حامد والعبد رى إنَّهُ يُكْرَهُ عِنْدَنَا وَعِنْدَ أَبِي حَنِيفَةَ فَتَسَاهُلٌ مِنْهُ فِي تَسْمِيَتِهِ مَكْرُوهًا وَكَرِهَهُ مُجَاهِدٌ وَعُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ

Pengarang kitab (al-Muhadzab) dan ulama mazhab syafi'i berkata: "Selain anak zina lebih utama menjadi imam daripada anak zina." Namun, tidak boleh memakruhkan anak hasil zina menjadi imam.

2. Dimakruhkan jika anak zina itu menjadi imam rotib (imam rutin) dalam shalat. Dan ini pendapat Imam Malik dan Imam Lais.

Imam an-Nawawi rohimahullah berkata:


وَقَالَ مَالِكٌ وَاللَّيْثُ يُكْرَهُ أَنْ يَكُونَ إمَامًا رَاتِبًا

Dan Imam Malik dan Imam Lais berkata yang di makruhkan itu jika dia menjadi Imam Rotib (Imam tetap) atau rutin.

Adapun jika bukan menjadi imam tetap tidak termasuk dalam perkataan Imam Malik dan Imam Lais di atas.

3. Tidak apa-apa anak zina menjadi Imam shalat. Dan ini pendapat jumhur (mayoritas). Yang berkata seperti ini adalah Ummul Mukminin 'Aisyah, 'Atho al-Hasan, az-Zuhri, an-Nakho'i, 'Amru bin Dinar, Sulaiman bin Musa, at-Tsauri, al-Auza'i, Ahmad, Ishaq, Daud dan Ibnu al-Mundzir.

Imam an-Nawawi rohimahullah berkata:

وَقَالَ الْجُمْهُورُ لَا بَأْسَ بِهِ مِمَّنْ قَالَ بِهِ عَائِشَةُ أَمُّ المؤمنين وعطاء الحسن وَالزُّهْرِيُّ وَالنَّخَعِيُّ وَعَمْرُو بْنُ دِينَارٍ وَسُلَيْمَانُ بْنُ موسى والثوري والاوزاعي واحمد واسحق وداود وابن المنذر

Jumhur (mayoritas) ulama berkata bahwa tidak apa-apa anak zina menjadi imam shalat. Yang berkata seperti ini adalah Ummul Mukminin 'Aisyah, 'Atho al-Hasan, az-Zuhri, an-Nakho'i, 'Amru bin Dinar, Sulaiman bin Musa, at-Tsauri, al-Auza'i, Ahmad, Ishaq, Daud dan Ibnu al-Mundzir.

Itulah 3 pendapat yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi di dalam kitab al-Majmu' Syarah al-Muhadzab. Dan memang pada kenyataannya, anak hasil zina sering sekali direndahkan derajatnya di masyarakat kita. Seolah-olah dia ikut berdosa atas perbuatan yang dilakukan orang tuanya. Dan hal ini sebenarnya tidaklah dibenarkan, karena tidak ada manusia yang mau lahir dari anak hasil zina.

Namun walau bagaimanapun dia tetaplah dilahirkan dalam keadaan fitroh (suci) layaknya muslim dan muslimah lainnya. Dia suci dari dosa yang dilakukan kedua orang tuanya ketika dilahirkan ke dunia ini.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ، أَوْ يُنَصِّرَانِهِ، أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَثَلِ البَهِيمَةِ تُنْتَجُ البَهِيمَةَ هَلْ تَرَى فِيهَا جَدْعَاءَ

Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci), bapaknyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Seperti hewan yang dilahirkan, apakah kamu melihat darinya kecacatan? (HR. Bukhari, hadist no. 1385).

Oleh sebab itu jangan terlalu menganggap anak zina itu rendah. Karena dia juga manusia dan tidak ada yang mau terlahir dari hasil zina. Sebagai seorang muslim hendaklah berlaku adil, bergaul dengannya, bermain bareng dengannya dan sebagainya jika akhlaknya baik dan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.