logo

Amalan-amalan Rasulullah Ketika Berdagang Hingga Sukses Menjalaninya | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustadz. Amalan-amalan apa yang Rasulullah lakuin waktu berdagang, yang dapat kita contohin?

Dari : Hendri Iwan

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Amalan secara khusus yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di waktu berdagang memang tidak ada. Hanya saja kita bisa mencontoh melalui apa yang beliau katakan di dalam hadist.

Dari Abu Sa'id al-Khudry rodhiyallahu 'anhu berkata, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

التَّاجِرُ الصَّدُوقُ الأَمِينُ مَعَ النَّبِيِّينَ، وَالصِّدِّيقِينَ، وَالشُّهَدَاءِ.

Pedagang yang jujur serta amanah, kelak dia akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid. (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 1209).

Imam at-Tirmidzi mengomentari hadist di atas di dalam kitabnya al-Jami' al-Kabir Sunan at-Tirmidzi jilid 2 halaman 506 :

هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ، لاَ نَعْرِفُهُ إِلاَّ مِنْ هَذَا الوَجْهِ مِنْ حَدِيثِ الثَّوْرِيِّ عَنْ أَبِي حَمْزَةَ.

Ini adalah hadist hasan. Kami tidak mengetahui kecuali jalur ini, yaitu dari hadist at-Tsauri dari Abi Hamzah.

Di dalam hadist lain disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ التُّجَّارَ هُمُ الْفُجَّارُ. قَالَ: قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَوَلَيْسَ قَدْ أَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ؟ قَالَ: بَلَى، وَلَكِنَّهُمْ يُحَدِّثُونَ فَيَكْذِبُونَ، وَيَحْلِفُونَ، وَيَأْثَمُونَ.

Para pedagang itu tukang maksiat. Para sahabat kaget dan bertanya: "Wahai Rasulullah, bukankah Allah telah menghalalkan jual-beli?". Rasulullah menjawab : "Benar". Akan tetapi mereka sering berdusta dalam berkata dan sering bersumpah namun sumpahnya palsu. (HR. Ahmad, hadist no. 15530).

Tentunya hadist-hadist di atas menggambarkan bagaimana dulu baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam berdagang. Karena setiap perkataan yang beliau ucapkan sudah dikerjakan oleh beliau.

Oleh sebab itu yang bisa diambil pelajaran dan bisa diamalkan dalam berdagang adalah : "Jujur, amanah, jangan berdusta ketika berdagang dan jangan bersumpah palsu untuk menghalalkan barang dagangan yang dia jual."

Inilah pelajaran yang bisa diambil dari hadist-hadist di atas dan baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentunya juga mengerjakan seperti di dalam hadist dan meninggalkan sesuatu yang beliau katakan sebagaimana di dalam hadist di atas.

Cukup jujur dalam berdagang, amanah, memudahkan pembeli dan tidak menjual dengan harga yang tidak bisa dijangkau oleh pembeli, serta memudahkan pembeli dan jangan bersumpah palsu untuk menghalalkan barang dagangannya.

Adapun amalan khusus yang dikerjakan oleh baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, maka Allahu a'lam. Hanya saja kerjakan saja apa yang Beliau katakan di dalam hadist. InsyaAllah akan memperoleh hasil yang baik dengan izin Allah.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.