logo

3 Amalan Agar Cepat Dapat Jodoh Menurut Islam | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustad berikan saya amalan biar cepat dapat jodoh.

Dari : Hareem Alkaf

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Amalan secara khusus tidak ada di dalam Islam. Tapi secara umumnya yang bisa dilakukan adalah :

1. Banyak-banyak berdo'a kepada Allah.

Allah berfirman :

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata : "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa". (QS. Al-Furqan : 74).

Do'a adalah senjata orang-orang yang beriman. Maka berdo'a kepada Yang Maha menciptakan adalah hal yang utama yang harus dilakukan.

2. Berusaha dalam mencari jodoh.

Seperti misalnya minta dicarikan oleh orang-orang tertentu seperti ustadz dan ustadzah, minta dicarikan yang sesuai kriteria. Ataupun jika ada ikhwan yang tertarik di hati, jangan segan-segan menyuruh wali nikah untuk menyampaikan hal itu kepada ikhwan tersebut. Karena ini merupakan usaha dalam mencari jodoh.

Tidak usah malu karena dalam memilih pasangan, karena memang diharuskan seperti itu.

3. Kemudian setelah melakukan usaha dan do'a, hendaklah dia bertawakal kepada Allah.

Allah berfirman :

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal (kepada-Nya)." (QS. Ali Imran : 159).

Jika sudah berusaha mencari jodoh, berdo'a kepada Allah, maka untuk hasilnya serahkan semua kepada Allah. Manusia hanya berusaha dan berdo'a, tapi Allah lah yang menentukan hasilnya. Amalan secara khusus memang tidak ada di dalam Islam untuk mencari jodoh. Tapi ke 3 ini insyaAllah bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.